4 Ramuan Herbal yang Bisa Mengatasi Aroma Tidak Sedap pada Vagina

DokterSehat.Com – Gangguan vagina yang cukup merepotkan, tapi sering diabaikan oleh wanita adalah bau yang tidak sedap. Bau ini bisa muncul karena wanita tidak bisa menjaga sanitasi organ kewanitaan atau terkena penyakit yang disebabkan oleh jamur, virus, atau bakteri.

daun-seledri-doktersehat

Untuk mengatasi bau, dokter biasanya memberikan obat yang menyembuhkan penyebabnya. Namun, kalau Anda tidak suka dengan obat kimia, bisa gunakan ramuan herba yang sudah terbukti mampu mengurangi bau tidak sedap pada vagina.

1. Baking Soda

Dilansir dari Step to Health, baking soda tidak hanya untuk membuat kue saja, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengurangi aroma tidak sedap pada vagina. Campurkan 3 sendok baking soda dengan 2 gelas air. Selanjutnya rendam area vagina dengan menggunakan campuran tadi setiap hari.

Baking soda yang dicampur air mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri yang jahat. Dampaknya, aroma vagina bisa kembali normal seperti semula.

2. Daun Jambu

Selama ini kita mengenal daun jambu sebagai obat untuk meredakan diare. Ternyata, daun jambu yang direbus juga bisa digunakan untuk membasmi bakteri jahat yang tumbuh di dalam vagina. Selain itu, cairan ini juga berguna untuk mengembalikan flora normal dari vagina.

Rebus 10 helai daun jambu dengan 3 gelas air hingga mendidih. Air bekas didihan didinginkan lalu digunakan untuk membersihkan vagina dua kali sehari.

3. Minyak pohon teh

Manfaat dari minyak pohon teh adalah untuk mengurangi infeksi dan iritasi. Iritasi yang perlahan sembuh akan membuat aroma vagina kembali normal. Gunakan 1 sendok teh minyak pohon teh dan 500 ml air. Campur dan gunakan untuk mencuci.

4. Daun seledri

Daun seledri yang dihaluskan dan dicampur air baik untuk mengembalikan pH alami dari vagina. Gunakan campuran air dengan daun seledri untuk mencuci vagina secara rutin.

Baca Juga:  Waspadai Risiko Hipertensi pada Wanita, Ini 4 Faktanya

Dengan empat hal di atas, aroma tidak sedap dari vagina bisa diturunkan. Selamat mencoba!