4 Minuman ‘Pembunuh’ Sperma

DokterSehat.com – “You are what you eat” Anda adalah cermin dari apa yang Anda konsumsi. Hal ini biasanya berlaku pada orang-orang yang sedang menjalani diet. Namun, ternyata hal ini juga mencakup dalam ranah kehidupan seksual. Faktor kesehatan seksual laki-laki ataupun perempuan sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi setiap harinya.



Para pakar mendapati adanya beberapa jenis minuman yang membawa dampak negative dalam kesehatan seksual, khususnya bagi laki-laki. Bahkan beberapa minuman tersebut digolongkan sebagai minuman ‘pembunuh’ sperma. Apa saja minuman yang tergolong dalam minuman pembunuh sperma?

Alcohol

Minuman beralkohol dapat merusak kesehatan seksual, antara lain menyebabkan penurunan jumlah sperma dan kelainan struktur sperma. Pakar kesehatan pria mengungkapkan bahwa pria yang mengkonsumsi 3 sampai 6 kali minuman beralkohol dalam sepekan memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dari pada pria yang tidak mengkonsumsi alcohol.

Soda

Sebuah riset membuktikan bahwa kandungan bisphenol yang terdapat pada kaleng soda dan botol plastic mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma.

Teh Mint

Mengkonsumsi teh memang disebut-sebut membawa banyak manfaat positif bagi tubuh. Akan tetapi konsumsi teh mint ternyata berdampak pada penurunan kadar testosterone dan perubahan hormonal pada pria. Selain itu teh min juga berdampak pada hormone seks pria, androgen. Androgen berperan dalam produksi testosterone pada kesuburan pria.

Kopi

Kopi yang dikonsumsi secara berlebihan dapat meyebabkan penurunan jumlah sperma yang disebabkan oleh kandungan phytoestrogen yang terlampau tinggi dalam kopi. Kandungan phytoestrogen inilah yang diklaim mengakibatkan penurunan jumlah sperma pada pria.