4 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Pikiran dan Tubuh

DokterSehat.Com – Mendengarkan musik bukanlah sekedar hiburan semata. Tanpa Anda sadari, alunan musik sebenarnya telah memberikan perubahan suasana hati dan bahkan membantu Anda untuk berkonsentrasi.

9

Sebuah studi menunjukkan, mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan.

Sebagai contoh, sebuah penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, seks)

apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dengan mendengarkan musik :

  1. Meningkatkan kemampuan visual dan verbal
    Pendidikan musik dini untuk anak-anak bisa menstimulasi otak anak-anak dan mengarah pada meningkatnya kemampuan dalam kecerdasan verbal atau lisannya. Hal ini didukung sebuah penelitian yang melibatkan anak-anak berusia 4-6 tahun yang mendapatkan latihan musik selama satu bulan. Latihan tersebut meliputi ritme, nada, melodi, suara, dan konsep-konsep musik dasar. Hasilnya kemampuan mereka untuk memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya bisa meningkat. Penelitian lain yang dilakukan pada anak-anak usia 8-11 tahun menemukan bahwa mereka yang mengikuti kelas tambahan ekstrakurikuler musik bisa meningkatkan IQ lisan mereka dan kemampuan visualnya dibandingkan dengan mereka yang tak mengikuti kelas musik apapun. Untuk orang dewasa, melakukan latihan musik bisa menjaga otak tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia. Segala jenis aktivitas yang melibatkan musik bisa menjadi latihan kognitif yang baik dan membuat otak lebih tajam.
  1. Mengurangi tekanan darah
    Dengan mendengarkan rekaman musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya. Menurut penelitian yang disebutkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit, musik Celtic setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan. Untuk Anda yang ingin memulai olahraga lari, Anda bisa mulai olahraga dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik saat olahraga lari bisa membuat Anda lari lebih cepat, meningkatkan motivasi olahraga, dan meningkatkan ketahanan tubuh. Bahkan mendengarkan musik setelah olahraga bisa mengembalikan stamina tubuh Anda dengan cepat.
  1. Redakan stres
    Riset tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.
  1. Tingkatkan daya tahan tubuh
    Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.
Baca Juga:  Gejala Dan Penyebab Aneurisma Otak

Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga Anda. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.