4 Manfaat Mengajak Anak Berdiskusi Sejak Balita

Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Bunda, tahukah Anda bahwa mengajak anak berdiskusi bisa Anda lakukan sejak usia dini, bahkan sebelum anak lancar berbicara? Menurut penelitian, mengajak anak berdiskusi dapat berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Photo Credit: pexels.com

Manfaat mengajak anak diskusi sejak dini

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa perlu mengajak balita berdiskusi sementara ia mungkin belum bisa berbicara dengan lancar?. Menurut penelitian, mengajak anak bicara bahkan sudah bisa Anda lakukan sejak berada dalam kandungan. Cara ini dapat menumbuhkan ikatan antara orang tua dan anak.

Berdiskusi di sini bisa dilakukan dengan membahas banyak hal, seperti menu makanan apa yang ingin disantap anak untuk akhir pekan ini, tujuan liburan, atau diskusi tentang mainan anak seperti mengapa mobil bergerak maju, dan sebagainya. Manfaat lain dari mengajak anak diskusi antara lain:

1. Meningkatkan kemampuan proses informasi
Mengajak anak berdiskusi ternyata dapat mengingkatkan kemampuan anak untuk memproses informasi. Hal ini mungkin belum dapat terlihat ketika anak berusia balita, namun ketika sudah memasuki usia sekolah, anak Anda akan terbiasa mengolah informasi dengan baik.

2. Meningkatkan kreativitas
Apabila Anda terbiasa mengajak si kecil diskusi, anak Anda akan memiliki kreativitas, keberanian dan imajinasi yang lebih baik dibandingkan anak seumurannya. Selain itu anak akan lebih berani dan percaya diri mengungkapkan pendapatnya.

3. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
Anak yang sering diajak berdiskusi memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik dibanding dengan anak yang tidak pernah diajak berdiskusi. Lewat diskusi, anak Anda akan terlatih untuk mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah. Kondisi ini tentunya juga dapat membuat anak lebih mandiri.

4. Membuat anak merasa dihargai
Salah satu manfaat yang penting dari mengajak anak diskusi adalah membuat anak merasa dihargai pendapatnya. Anak tidak akan merasa bahwa pendapatnya diabaikan dan ia juga akan merasa punya andil penting dalam keluarga.

Bagaimana Mom, ternyata banyak ya manfaat mengajak anak berdiskusi sejak usia balita? Yuk dengarkan pendapat anak sejak dini!