4 Manfaat Bersepeda Bagi Anak-Anak

DokterSehat.Com– Bersepeda merupakanj salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Selain dapat mengenali lingkungan sekitar, bersepeda juga dapat membuat anak menghirup udara segar. Apa saja manfaat bersepeda bagi si kecil?

doktersehat-anak-olahraga-sepeda

Photo Credit: Markus Spiske

Manfaat bersepeda bagi si kecil

Bersepeda memiliki banyak manfaat bagi anak, terutama perkembangan motoriknya. Saat bersepeda, anak akan belajar untuk menyeimbangkan tubuh dan mengayuh dengan baik. Hal ini penting bagi perkembangan motorik kasar anak karena saat bersepeda semua otot kaki anak akan ikut bergerak. Selain itu, manfaat bersepeda pada anak antara lain:

1. Melatih keberanian dan kepercayaan diri

Belajar bersepeda melatih anak untuk berani mencoba hal yang belum pernah ia lakukan. Saat belajar bersepeda, anak juga belajar untuk mengendalikan rasa takutnya atau menjaga keseimbangannya. Semakin sering berlatih bersepeda, anak akan semakin terbiasa dan makin percaya diri mengendarai sepeda roda dua sendirian.

2. Melatih konsentrasi

Saat bersepeda, anak juga akan berlatih mengenai arah dan konsetrasi antara mata, tangan dan kaki. Selain itu anak akan belajar fokus karena bersepeda perlu fokus yang tinggi dan menjaga keseimbangan agar tidak jatuh dan menabrak.

3. Belajar bersosialisasi

Salah satu manfaat dari bersepeda adalah anak dapat belajar bersosialisasi dengan tetangga di seitar rumah. Saat bersepeda, anak dapat bertemu dengan orang lain dari berbagai usia dan menjalin pertemanan dengan anak-anak lain. Seru ya Mom!

4. Melatih anak bertanggung jawab

Bersepeda juga dapat melatih anak bertanggung jawab. Anak akan belajar merawat dan menjaga agar sepedanya tetap awet, bersih dan belajar memperbaiki kerusakan kecil di sepedanya.

Saat anak bersepeda, ingatkan anak unuk selalu berhati-hati ketika berada di jalanan, apalagi ketika bersepeda di jalanan yang ramai. Gunakan pelindung seperi helm atau pelindung siku dan lutut jika perlu.