4 Kesalahan Menggosok Gigi yang Sering Dilakukan

doktersehat-sikat-gigi-1024

DokterSehat.Com– Menggosok gigi adalah salah satu rutinitas harian yang sering dilakukan oleh banyak orang. Aktivitas ini dilakukan demi menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Namun, apakah rutinitas ini sudah dilakukan dengan prosedur yang benar?

Photo Credit: Flickr.com/ Matthew Gillam

Jika Anda menyikat gigi dengan benar, hal itu akan membantu Anda menghindari beberapa masalah pada gigi dan rongga mulut. Berikut ini adalah beberapa kesalah yang sering Anda lakukan saat menggosok gigi:

1. Menggosok terlalu keras

Menggosok gigi terlalu keras dapat dapat membuat jaringan gusi stres dan longgar yang pada akhirnya akan memperlihatkan akar gigi. Akar gigi juga lebih rentan terhadap pembentukan lubang daripada bagian enamel gigi yang lebih keras. Daerah ini sangat sensitif terhadap panas dan dingin.

Untuk diketahui, plak memiliki tekstur lengket namun juga lembut, sehingga Anda tidak perlu menggosok terlalu keras. Selain itu, jangan pula menyikat gigi lebih dari tiga kali dalam sehari. Terlalu sering menyikat gigi dapat membuat lapisan terluar gigi, alias enamel, lebih cepat aus dan merusak gusi Anda. Waktu terbaik menyikat gigi adalah pagi dan malam hari.

2. Menggosok dengan terburu-buru

Menggosok gigi yang baik harus dilakukan minimal selama dua menit. Akan tetapi, banyak orang melakukannya dengan cepat, bahkan ada yang di bawah satu menit. Beberapa orang tidak menyadari berapa lama mereka menggosok gigi. Persepsi Anda tentang berapa lama waktu  menyikat sangat tidak akurat. Beberapa orang berpikir mereka menyikat gigi selama beberapa menit, tetapi ada juga yang kurang dari setengah menit.

Untuk mencapai waktu yang disarankan, tak adalah salahnya Anda menggunakan stopwatch. Pakar kesehatan menyarankan Anda membagi mulut menjadi empat bagian dan habiskan 30 detik menggosok gigi untuk setiap bagiannya.

3. Menyikat gigi setelah makan

doktersehat-sikat-gigi-pasta-odol
Langsung menyikat gigi setelah makan atau minum yang asam adalah sebuah kebiasaan kurang baik. Tunggulah setidaknya 30 menit. Penelitian menujukkan bahwa menyikat gigi usai mengonsumsi makan dan minuman bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan gigi. Makanan yang mengandung asam sitrat, seperti jeruk, grapefruit, dan lemon, dapat melemahkan enamel gigi. Zat asam menyerang gigi dengan mengikis enamel dan lapisan di bawahnya, yang disebut dentin. Saat Anda menggosok gigi maka hal itu dapat mempercepat proses pengikisan.

Pakar kesehatan gigi menyarankan untuk lebih baik menyikat gigi sebelum makan atau minum asam, dan minum segelas air putih ketika Anda selesai mengonsuminya untuk membilas asam yang menempel di gigi.

Sebaliknya, makanan dan minuman tertentu, terutama yang tinggi karbohidrat dan gula, dapat memacu berkembangnya bakteri tertentu dalam mulut yang akan menyerang enamel gigi setidaknya dua puluh menit setelah Anda makan. Dengan menyikat gigi segera setelah Anda makan makanan ini, Anda akan menyingkirkan bakteri sebelum mereka mulai menggerogoti gigi.

4. Menggunakan obat kumur usai menggosok gigi

Menggunakan obat kumur yang mengandung fluorida dapat membantu mencegah kerusakan gigi, akan tetapi jangan menggunakan obat kumur langsung setelah menyikat gigi karena hal ini akan menghilangkan konsentrasi fluorida di pasta gigi. Pilihlah waktu yang berbeda untuk menggunakan obat kumur. Selain itu, jangan makan atau minum selama 30 menit setelah menggunakan obat kumur.

Nah, itulah beberapa kesalahan menggosok gigi yang harus Anda hindari. Demi terjaganya kesehatan mulut, Anda juga harus memperbanyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C. Meski begitu tetap perhatikan konsumsi sumber vitamin C Anda, karena buah-buahan seperti anggur dan jeruk, meski bagus untuk gusi, kandungan asam di dalamnya juga bisa merusak lapisan gigi jika dikonsumsi terlalu banyak.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik