4 Kebiasaan Salah Ini Membuat Vagina Sering Gatal

penyebab jerawat di vagina

DokterSehat.Com – Saat hamil, wanita mungkin mengalami gatal pada  alat kelaminnya. Kondisi ini dianggap wajar karena adanya perubahan hormon kehamilan. Namun, bila gatal pada vagina sangat mengganggu, Anda perlu mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Nah, selain karena kehamilan, masalah gatal pada Mrs V ini  juga bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan buruk.  Apa sajakah?

1. Vagina Gatal karena Memakai Celana Terlalu Ketat

Memakai celana terlalu ketat menyebabkan suhu di area selangkangan meningkat dan menjadi lembap. Akibatnya, bakteri pada mulut vagina berkembang biak dan membunuh flora normal yang hidup di dalamnya.
Tumbuhnya bakteri, jamur, atau virus di mulut vagina menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Beberapa wanita sampai mengalami infeksi karena gatal yang dirasakan semakin parah.

2. Alat Kelamin Gatal karena Tergesek Celana Dalam
Saat tidur, wanita disarankan untuk tidak menggunakan celana dalam. Tujuannya adalah membuat vagina bisa bebas dan kelembapan serta keasamannya kembali ke kondisi normal.

Kalau wanita menggunakan celana dalam yang bahannya kasar saat tidur, vagina akan kerap tergesek dan akhirnya menimbulkan rasa gatal.

3. Kurang Minum Mengakibatkan Alat Vital Gatal
Liang vagina memiliki banyak bakteri entah itu bakteri baik atau buruk yang masuk karena banyak faktor.

Saat wanita minum air putih 6-8 gelas, mereka akan kencing lebih sering dan membuang radikal bebas yang ada di dalam sana dan rasa gatal tidak akan terjadi.

4. Salah Membersihkan Membuat Vagina Gatal 
Setelah buang air kecil atau besar, wanita diwajibkan untuk membilas area selangkangan dengan benar.

Pembilasan harus dilakukan dari depan ke belakang. Hal ini harus dilakukan agar bakteri dari anus tindak berpindah ke vagina yang ada di depannya dan menginfeksi.

Itulah beberapa kebiasaan keliru yang bisa membuat vagina jadi gatal. Semoga Anda bisa selalu menjaga kesehatan organ intim Anda.