4 Hal ini Akan Terjadi jika Wanita Malas Mengganti Celana Dalam

DokterSehat.Com– Organ intim merupakan salah satu aset wanita yang wajib dijaga dan diperhatikan kebersihan serta kesehatannya. Dalam menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim, biasanya wanita akan melakukan perawatan khusus secara rutin. Namun, itu semua akan menjadi sia-sia jika Anda masih kebiasan-kebiasan buruk, misalnya malas mengganti celana dalam.

doktersehat-Gonore-Kencing-Nanah-keputihan-celana-dalam-vagina

Celana dalam mempunyai fungsi sebagai pembungkus organ intim agar terlindung dari gangguan yang berasal dari luar tubuh. Karena berfungsi untuk membungkus organ intim, tentu saja pemakaian celana dalam akan berada di area yang tersembunyi, sehingga rawan terhadap lembab dan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

Namun, bagaimana jika Anda malas mengganti celana dalam? Apa yang akan terjadi selanjutnya? Malas mengganti celana dalam akan memberikan efek buruk terhadap organ intim Anda. Berikut adalah beberapa hal yang akan terjadi pada organ intim jika malas mengganti celana dalam.

1. Gatal dan Ruam

Malas mengganti celana dalam, tentu akan membuat area intim Anda terasa gatal dan muncul ruam. Hal ini disebabkan karena kotoran yang menumpuk pada lipatan kulit yang bercampur dengan bakteri serta kelembapan. Jika dibiarkan, rasa gatal tersebut akan semakin parah dan saat Anda terus menggaruknya, maka akan menyebabkan munculnya ruam pada lipatan kulit Anda.

2. Menjadi Bau

Selain gatal dan ruam, malas mengganti celana dalam juga akan menyebabkan organ intim menjadi bau.  Organ intim terletak di tempat tersembunyi yang rentan menjadi sarang bakteri. Saat area intim dibungkus dengan celana dalam kotor yang jarang diganti, maka akan menimbulkan bau tidak sedap. Bau tidak sedap ini akan membuat Anda merasa tidak percaya diri dan mungkin pasangan Anda akan segera menjauhi Anda.

Baca Juga:  Memilih Celana Dalam Pria yang Tepat Sesuai Bentuk Tubuh

3. Kutu

Kutu tidak hanya suka tinggal di rambut kepala saja, tapi kutu bisa muncul di area intim Anda. Seperti yang Anda ketahui bahwa kutu menyukai tempat yang kotor dan lembab. Jika Anda jarang mengganti celana dalam, apalagi kemaluan Anda memiliki rambut yang juga jarang Anda bersihkan, maka kutu akan senang tinggal di sana. Adanya kutu pada area organ intim akan menimbulkan rasa gatal bahkan kudis.

4. Infeksi Jamur dan ISK

Akibat dari malas mengganti celana dalam yang paling berbahaya adalah bisa menyebabkan infeksi jamur dan ISK. ISK atau Infeksi saluran kencing bisa terjadi karena area organ intim yang lembab akan dipenuhi bakteri yang bisa masuk ke saluran kemih.