4 Gejala Bagi Pria Yang Terserang Pediculosis

Dokter Sehat – Pediculosis adalah istilah medis untuk infestasi kutu, yang dapat terjadi di berbagai bagian tubuh. Kutu adalah kelompok bersayap, ektoparasit obligat, diklasifikasikan dalam taksonomi phthiraptera. Sementara kepala adalah situs yang paling umum dari serangan kutu, jenis tertentu yang disebut kutu kepiting (kutu kemaluan) menduduki daerah kemaluan. Kondisi ini disebut pubis pediculosis atau pubis phthiriasis, kepiting diklasifikasikan sebagai serangga yang hanya memakan darah dan melengkapi siklus hidup mereka dalam rambut manusia. Selain kepala dan kutu kemaluan, kutu tubuh yang menyerang beberapa bagian tubuh juga diidentifikasi.



Ketika dilihat di bawah mikroskop, penampilan diperbesar kutu kemaluan (Phthirus pubis) Menyerupai kepiting, maka mereka umumnya disebut sebagai kepiting. Meskipun mereka dapat mempengaruhi semua orang yang aktif secara seksual, tingkat kejadian adalah tertinggi di antara remaja. Kedua laki-laki dan perempuan sama-sama rentan terhadap infeksi oleh parasit kulit, bagian terburuk dengan pediculosis pubis adalah, kepiting menular dari orang yang terinfeksi ke orang lain selama aktivitas seksual dan melalui kontak kulit ke kulit langsung. Berbagi handuk, pakaian, selimut, dan barang-barang pribadi lainnya dengan orang yang terinfeksi adalah modus umum penyebaran kepiting.

Sesuai data statistik, infeksi ektoparasit ini didiagnosis pada sekitar 2 persen dari populasi. Berdasarkan etiologi penyakit, infeksi atau kepiting pediculosis pubis diklasifikasikan sebagai penyakit menular seksual (PMS). Setelah infeksi, gejala pubis pediculosis dapat segera atau beberapa orang memiliki gejala beberapa hari (hingga 4 minggu) setelah infeksi terjadi.

4 tanda terserang pediculosis :

1.Gatal-gatal
Gatal adalah gejala utama dari Pubis pediculosis(kutu kemaluan), terjadi ketika gatal disebabkan oleh gigitan mulut dan air liur kutu akan menularkan penyakit. Ketika kutu kemaluan menghisap maka air liur akan masuk ke dalam darah penderita, hal ini akan menyebabkan darah susah mengental.

Baca Juga:  Mengenal istilah “Pruritus”

2.Bintik-bintik hijau ke abu-abuan
Di sekitar daerah yang terserang akan tampak bintik-bintik hijau ke abu-abuan akan berlanjut selama beberapa bulan, bintik-bintik hijau ke abu-abuan ini juga terlihat di dada dan perut, bagian dalam, dan lai-lain. Penyebab bintik-bintik hijau ke abu-abuan terjadinya tidak jelas, air liur dan Pubis pediculosis(kutu kemaluan)dapat menggigit dan masuk ke dalam darah.

3.Ruam
Gigitan pubis pediculosis (kutu kemaluan) sering dalam micropores (tidak terlihat), sering terjadi tonjolan papula, karena sering menggaruk akan terjadi infeksi, akan nampak pustula, dan krusta.

4.Kutu
Dalam folikel rambut terdapat pubis pediculosis (kutu kemaluan), berwarna hitam,abu-abu atau merah. Timbulnya pediculosis(kutu kemaluan) adalah karena parasit,jika pasien didiagnosa menderita pubis pediculosis (kutu kemaluan) harus segera melakukan pengobatan.