Inilah 4 Efek Ganja Terhadap Kesehatan Seksual Pria

doktersehat-rokok-ganja

DokterSehat.Com – Salah satu jenis narkotika yang mudah didapatkan di Indonesia dan tidak memberi dampak jangka pendek terlalu besar adalah ganja. Meski efek yang ditimbulkan tidak sebesar jenis lain seperti sabu-sabu, ganja tetap berbahaya. Bahkan bisa mengganggu kesehatan seksual khususnya pada pria.

Berikut empat efek ganja pada kesehatan seksual pria yang cukup menakutkan.

1. Impotensi

Setiap isapan dari ganja yang dikonsumsi oleh pria mengandung zat aktif bernama THC. Zat aktif ini menyebabkan gangguan pada jantung khususnya pada peningkatan kerjanya. Begitu pria mengisap ganja, detaknya akan meningkat 20% dan iramanya tidak teratur.

Peningkatan detak jantung ini menyebabkan aliran darah ke penis jadi terganggu. Dampaknya, ereksi akan susah terjadi setelah mengisap ganja. Lebih lanjut, penggunaan ganja dalam dosis tinggi bisa menyebabkan penurunan reseptor saraf sehingga pria susah mendapatkan rangsangan.

2. Pembesaran dada (gynecomastia)

Dada pria umumnya tidak membesar seperti yang dimiliki oleh wanita. Namun, penggunaan ganja yang berlebih bisa membuat dada jadi membesar cukup signifikan. Bagian puting akan membesar disertai dengan perubahan  hormon yang cukup banyak pada tubuh.

3. Susah orgasme 

Saat merokok ganja, pria akan mengalami gangguan pada psikologi, hormon, dan saraf. Tiga hal ini kalau dikombinasikan bisa mengganggu kemampuan seksual pada pria. Penggunaan jangka panjang dari ganja bisa membuat pria jadi impotensi secara permanen dan sulit disembuhkan.

Selanjutnya menurut The Journal of Sexual Medicine, konsumsi ganja yang berlebihan bisa menyebabkan otak menghasilkan dopamin berlebih dan pria jadi kecanduan. Efek dari dopamin berlebih ini adalah susahnya pria mendapatkan orgasme.

4. Depresi

Pria akan mengalami depresi sedikit demi sedikit. Kalau mereka tidak bisa mendapatkan ganja lagi saat sedang sakau, tubuh bisa mengalami gangguan yang mengerikan. Selain itu, depresi juga merusak kehidupan pria khususnya yang berhubungan dengan dunia sosial.

Nah, melihat dampak ganja yang banyak, mari jauhi benda berbahaya ini kapan pun dan di mana pun.