4 Cara Sehat Makan Pizza

DokterSehat.Com– Anda penggemar pizza? Makanan satu ini kini tentu sudah menjadi favorit banyak orang. Berbagai varian topping dan balutan keju di atas pizza tentu membuat kita seakan tidak bisa berhenti memakannya ya.

pizza-doktersehat

Namun sayangnya, komposisi pizza yang lezat tersebut justru membuatnya menjadi makanan tinggi kalori bahkan termasuk junk food. Lalu, apakah kita harus menghindari konsumsi pizza?

Tentu saja tidak, pizza tentu saja bisa menjadi pengganti makanan utama yang baik dan bergizi lengkap. Yang perlu kita lakukan adalah memilih bahan baku yang tepat agar gizinya seimbang. Bagaimanakah caranya?

Mayo Clinic menyebutkan bahwa pemilihan jenis pizza yang tepat bisa mengurangi asupan kalori yang berlebihan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan:

1. Memilih adonan pizza dari bahan whole grain

Tepung whole grain bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan asupan serat dalam tubuh. Untuk itu pilih atau buat pizza dengan adonan dari bahan whole grain agar asupan karbohidrat dalam tubuh lebih baik.

2. Perbanyak sayur pada topping pizza

Perbanyak jumlah sayur dalam topping pizza, pilih sayur yang tinggi serat dan vitamin, misalnya paprika atau tomat, hindari sayur yang berkarbohidrat seperti jagung, agar asupan karbohidrat tidak berlebihan. Pastikan proporsi sayur cukup banyak pada topping pizza.

3. Pilih keju rendah lemak

Kini tentu tersedia berbagai jenis keju, salah satunya adalah keju rendah lemak. Usahakan untuk menggunakan keju rendah lemak untuk topping pizza. Hal ini akan memenuhi kebutuhan protein tubuh tanpa harus mengonsumsi terlalu banyak lemak.

4. Pilih makanan berprotein hewani rendah lemak

Agar asupan protein tetap tercukupi maka tambahkan makanan protein hewani yang rendah lemak. Misalnya daging ayam tanpa kulit atau daging sapi bagian dalam yang tidak berlemak. Usahakan jangan berlebihan menambahkan makanan protein hewani. Ingat bahwa proporsi yang sebaiknya lebih banyak pada topping pizza adalah sayur.

Baca Juga:  Sarapan Pizza Lebih Sehat daripada Sereal, Benarkah?

Nah, itu dia empat cara sehat makan pizza. Kini Anda bisa tetap bisa menikmati pizza dengan gizi yang tercukupi. Selamat mencoba, ya!