4 Cara Tepat Agar Anak Tak Membuang Makanan

anak-makan-doktersehat
Photo Credit: flickr/ mliu92

DokterSehat.Com– Melatih anak untuk mau makan sendiri memang butuh perjuangan ya, Bunda? Kadang saat waktu makan bersama tiba, anak-anak justru tidak mau makan makanannya sendiri dan malah membuang-buang makanan. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi anak yang sering membuang makanan

Sebenarnya sikap anak yang gemar membuang makanan adalah hal yang wajar. Kegiatan tersebut bagian dari proses anak-anak mengenal makanan dan memahami tugas barunya yaitu makan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Tentunya Anda merasa sedih saat melihat anak membuang-buang makanan yang sudah disiapkan. Namun tidak perlu khawatir, untuk menghadapi anak yang suka membuang makanan, Bunda bisa mencoba beberapa cara berikut, dilansir dari laman todays parent:

1. Jangan bereaksi berlebihan
Kadang anak membuang makanan hanya karena ingin mendapat perhatian dari Bunda. Melihat anak bersikap demikian, maka sebaiknya tunjukkan bahwa Bunda tidak terpancing dengan sikapnya. Biarkan anak membuang makanan tersebut sambil ingatkan bahwa ia tidak boleh membuang makanan dan ia tidak akan mendapatkan makanan pengganti jika terus membuang makanan.

2. Berikan dalam porsi kecil
Daripada banyak membuang makanan, sebaiknya berikan anak Bunda porsi kecil. Dengan begitu Bunda tahu kapan anak merasa kenyang dan tidak melanjutkan makannya.

3. Tanyakan sebelum memberi

Bunda bisa mencoba bertanya terlebih dahulu sebelum memberikan makanan pada si kecil. Dengan begitu anak dapat merasa bertanggung jawab pada makanannya dan mengurangi risiko anak membuang-buang makanannya.

4. Bicara baik-baik
Bunda dapat mengingatkan anak bahwa membuang-buang makanan adalah hal yang tidak baik. Berikan pengertian bahwa makanan adalah hal yang berharga dan dapat bermanfaat bagi kesehatannya.

Selain beberapa cara di atas, Bunda juga dapat memberi variasi menu atau menyajikan menu makanan dalam bentuk yang menarik agar anak bisa lebih menikmati makanannya.

Semoga tips di atas berhasil ya, Mom!