4 Cara Melatih Anak Untuk Bersabar

doktersehat-sindrom-tourette-anak
pic credit: david salafia

DokterSehat.Com– Kesabaran merupakan salah satu sikap yang perlu ditumbuhkan pada anak-anak. Kemampuan untuk menahan diri agar tidak emosi dibutuhkan untuk bersosialisasi ketika kelak anak dewasa.

Photo Credit: David Salafia

Cara melatih anak untuk bersabar

Melatih anak untuk bersabar dapat dilatih sejak usia dini. Semakin awal melatih kesabaran anak semakin baik karena prosesnya tidak sama bagi masing-masing anak. Para ahli menyatakan bahwa sejak usia 6 bulan, orang tua sudah dapat melatih kesabarannya. Hal ini terkait dengan kemampuan anak mengendalikan tangisan sesuai reaksi yang ditunjukkan lingkungan sekitarnya saat ia menangis.

Dilansir dari laman parents, beberapa cara untuk melatih kesabaran pada anak antara lain:
1. Latih anak menunggu
Menunggu memang kadang membosankan ya Mom?. Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga bisa merasa bosan saat menunggu. Namun melatih anak untuk menunggu atau antri juga baik bagi anak-anak Anda.

2. Alihkan perhatiannya

Ketika Anda mengajak anak-anak untuk belanja atau pergi ke bank, mungkin anak-anak akan merasa bosan harus menunggu atau mengantri. Saat anak mulai rewel, sebaiknya alihkan perhatiannya dengan kegiatan yang lain seperti bermain atau berikan camilan agar anak-anak punya kesibukan lain.

3. Beri penjelasan

Saat anak bosan menunggu, beri penjelasan bahwa memang ada beberapa proses yang perlu dilalui. Misalnya, “Sebentar ya Nak, sayurnya harus ditimbang dahulu lalu dibayar,”. Jelaskan dengan bahasa sederhana. Walaupun anak-anak belum mengerti namun penjelasan ini dapat membuat anak tidak merasa diabaikan.

4. Beri pujian

Saat anak Anda berhasil melatih kesabarannya atau bersikap baik saat menemani Anda menunggu, berikanlah ia pujian. Cara ini dapat membuat anak-anak merasa waktu dan usahanya dihargai. Dengan begitu anak akan dapat melatih kesabarannya dengan baik.