4 Cara Alami Tingkatkan Kesuburan Pria

DokterSehat.Com – Kesuburan sperma pada pria tentunya sangatlah menentukan agar bisa mendapatkan keturunan karena jika sperma pria tidak subur atau tidak berkualitas maka  tidak bisa membuahi sel telur dengan baik dan hal ini akan membuat wanita ( istri ) sulit untuk mendapatkan kehamilan.

3

Berikut cara alami tingkatkan kesuburan pria :

  • Pertimbangkan pengobatan dengan herba
    Terdapat beberapa penelitian yang telah menunjukkan bahwa pengobatan dengan herba dapat membantu meningkatkan produksi sperma. Herba yang umum dipakai untuk meningkatkan kesuburan pria adalah kecambah (alfalfa, taoge)‚ cabe rawit‚ dan akar manis.
  • Memperbanyak anti oksidan
    Antioksidan adalah zat kimia yang melawan beberapa kerusakan normal di tubuh manusia termasuk juga dalam sistem reproduksi akibat oksidasi dari jaringan tubuh. Beberapa antioksidan berbentuk enzim‚ vitamin‚ dan mineral.

    Antioksidan juga dapat membantu Papa melawan penyakit seperti kanker‚ alzheimer‚ artritis‚ katarak‚ dan penyakit jantung. Antioksidan umum yang dikenal bagus untuk kesuburan pria adalah vitamin C‚ vitamin E‚ glutathione‚ dan koenzim Q10.

  • Meningkatkan jumlah dan motilitas sperma
    Terdapat banyak nutrien yang telah terbukti dalam penelitian dapat menaikkan jumlah sperma dan meningkatkan motilitasnya (kemampuan sperma untuk bergerak ke arah yang tepat dan menemukan sel telur untuk dibuahi). Yang masuk dalam nutrien ini adalah karnitin, arginin, zat besi, selenium, dan vitamin B12. Mama dapat menemukan nutrien-nutrien tersebut dalam sayur atau suplemen yang bisa dibeli di apotek atau pun toko obat.
  • Mulailah dengan melakukan pola makan seimbang
    Tinggalkan makanan berlemak dan daging merah dan ganti mereka dengan sayuran yang kaya nutrisi.

Memiliki momongan memang tidak semudah yang dikatakan. Terkadang tubuh pria hanya membutuhkan sedikit bantuan yang jika diteruskan akan berdampak positif juga pada kesehatan calon papa. Apabila saat ini pasangan pria tengah menjalani pengobatan atau memiliki masalah kesehatan tertentu‚ seperti biasa‚ sebelum menggunakan pengobatan herba seperti pada 4 cara alami tingkatkan kesuburan pria di atas‚ diskusikanlah hal tersebut dengan dokter terlebih dahulu.