3 Scrub Wajah Dari Bahan Alami Untuk Kulit Berminyak

DokterSehat.Com – Scrub merupakan butiran-butiran kasar yang terdapat di dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun pembersih, pelembab, lotion, body butter dan lainnya. Selain itu scrub juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, dan menghaluskan permukaan kulit. Sebenarnya banyak sekali produk-produk kecantikan yang telah menggunakan scrub untuk perawatan wajah dan tubuh, tetapi lebih baik sahabat mencoba untuk membuat perawatan kecantikan sendiri di rumah. Selain mudah dan murah, sahabat juga dapat terhindar dari efek samping.

12

Berikut 3 scrub wajah alami :

  1. Scrub wajah dari havermut (oats)
    Scrub wajah ini juga bisa membantu Anda untuk mengatasi kulit yang berminyak. Cara membuatnya juga sangat mudah. Cukup campurkan dua sendok havermut (oats) dengan air secukupnya. Untuk menggunakan scrub ini, Anda tinggal menggosokkannya ke wajah Anda. Diamkan dulu selama 5 hingga 6 menit, baru bilas hingga bersih. Havermut bisa mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Apabila Anda menggunakan scrub ini secara teratur, Anda pun bisa mendapatkan kulit yang bercahaya dan bersih.
  1. Scrub wajah dari air perasan jeruk lemon
    Ingin kulit wajah bebas dari minyak berlebih dan terlihat lebih bercahaya? Buat dan gunakan scrub wajah yang satu ini. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm garam laut, 1/2 sdm air perasan jeruk lemon, dan 1 putih telur. Campurkan semua bahan, gosokkan ke area wajah Anda, diamkan selama beberapa menit baru bilas dengan air hangat suam-suam kuku. Ekstrak buah lemon bisa mencerahkan warna kulit wajah dan mengatasi jerawat serta noda kulit. Sementara garam laut bisa menghilangkan bakteri dan putih telur bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah Anda.
  1. Scrub wajah dari tepung jagung
    Scrub dengan bahan dasar tepung jagung bisa menyerap minyak berlebih di kulit wajah sekaligus membuat tekstur kulit lebih halus. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm tepung jagung, 1 sdm air perasan jeruk lemon, dan 1 sdt yogurt. Campurkan ketiga bahan, lalu gosokkan ke wajah Anda. Pijat wajah Anda selama 2-3 menit dengan menggunakan scrub ini. Setelah itu diamkan dulu selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin. Scrub dengan bahan dasar tepung jagung bisa menyerap minyak berlebih di kulit wajah sekaligus membuat tekstur kulit lebih halus. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm tepung jagung, 1 sdm air perasan jeruk lemon, dan 1 sdt yogurt. Campurkan ketiga bahan, lalu gosokkan ke wajah Anda. Pijat wajah Anda selama 2-3 menit dengan menggunakan scrub ini. Setelah itu diamkan dulu selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin.
Baca Juga:  Jangan Salah, Pemilihan Jenis Sabun Juga Penting Untuk Kulit

Penggunaan bahan-bahan yang lebih alami untuk perawatan kulit ini bisa dikatakan memiliki risiko berbahaya lebih sedikit. Meskipun memang Anda harus rela untuk sedikit ribet untuk membuatnya, tapi jika hasilnya baik dan memuaskan untuk kulit Anda, maka tak perlu ragu untuk mencobanya.