3 Sayur Penurun Hipertensi

Dokter Sehat – Sayuran merupakan makanan bergizi yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi sayuran juga dianggap salah satu cara terbaik untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Ada beberapa macam sayuran tertentu yang dinilai efektif untuk menurunkan atau mengontrol hipertensi, sehingga tidak ada salahnya bagi anda yang mempunyai darah tinggi untuk terus mengonsumsinya setiap hari.

10

Sayuran yang dapat menurunkan hipertensi :

1. Seledri
Seledri mengandung kalium serta phthalide yang berkhasiat melenturkan dinding pembuluh darah arteri serta membantu melancarkan aliran darah, konsumsi seledri juga bisa menurunkan hormon stres yang biasanya tinggi pada pasien hipertensi, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

2. Wortel
Pada wortel terdapat zat bernama beta-caroten serta kalium, yang manfaatnya baik untuk menormalkan detak jantung serta fungsi ginjal. Detak jantung yang tidak normal adalah komplikasi yang biasanya dialami oleh pasien hipertensi, konsumsi wortel secara teratur agar kondisi jantung dan tekanannya normal kembali.

3. Bayam
Ada magnesium yang dikandung oleh bayam, berfungsi untuk menurunkan serta mengontrol tekanan darah tinggi. Bayam juga bermanfaat menyehatkan pembuluh darah arteri, sehingga tidak mengalami kaku dan pengerasan.

Akan lebih maksimal lagi khasiatnya menurunkan hipertensi jika Anda mengonsumsi sayuran tersebut dalam bentuk jus, jangan lupa untuk membersihkannya dengan baik sebelum mengolah menjadi jus. Jika Anda tidak suka konsumsi sayur mentah, maka bisa dikukus sebentar untuk melunakkannya.