Penyakit Penis Bernanah, Kenali 3 Penyebabnya Ini

Buah Zakar Sakit atau Testis Nyeri

DokterSehat.Com – Kesehatan organ tubuh memang harus selalu diperhatikan. Salah satunya, alat vital pria. Sayangnya, kebersihan penis terkadang luput dari perhatian sehingga berisiko mengalami berbagai penyakit, di antaranya penis bernanah. Apa penyebabnya? Yuk, kita simak selengkapnya.

1. Gonore

Gonore bisa menular dari hubungan seks yang tidak sehat. Pria yang sudah terinfeksi oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae biasanya sering mengeluarkan gatal pada lubang penis. Selanjutnya, cairan kental seperti nanah keluar begitu saja atau saat pria kencing.

Kalau pria mendapatkan gejala seperti ini, disarankan untuk segera memeriksakan dirinya ke dokter. Kalau bakteri dalam urine adalah penyebab gonore pengobatan harus segera dilakukan. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik.

2. Peradangan saluran kemih

Saluran kemih yang mengalami peradangan juga bisa menyebabkan keluarnya nanah saat pria kencing atau keluar tanpa sebab. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh dua jenis kuman.

Pertama adalah kuman Chlamydia trachomatis yang menyebabkan klamidia. Kedua adalah kuman Mycoplasma genitalium yang kerap menimbulkan nyeri saat buang air kecil.

3. Balantis

Balantis adalah kondisi peradangan pada kepala penis yang disebabkan oleh infeksi dari berbagai bakteri, jamur, dan virus. Pria yang sudah mengalami balantis bisanya memiliki penis dengan warna kemerahan dan sakit saat dipegang.

Pada kondisi ini pria kerap mengalami kencing nanah yang disertai rasa sakit pada penis. Penyakit ini biasanya banyak menyerang pria yang tidak sunat.

Untuk mengatasi berbagai gangguan di atas, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kalau penyebabnya sudah diketahui, penyembuhan akan dilakukan dengan memberi obat oral atau suntikan. Lebih lanjut, dokter juga akan menyarankan hubungan seks yang sehat agar kondisi ini tidak terjadi lagi.