3 Penyakit Ginjal Yang Banyak Diderita

DokterSehat.Com – Penyakit pada ginjal terbilang sangat variatif dan banyak sekali. Bahkan dari beberapa penyakit yang mungkin mendera ginjal, gejala yang ditunjukkan terbilang mirip sehingga perlu pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui detail penyakit yang diderita oleh pasien.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Ada sekitar puluhan penyakit yang mungkin menyerang ginjal, tentu saja jika ini dibiarkan akan memberikan efek buruk berkepanjangan untuk kesehatan. Pasalnya, ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk mengeluarkan zat dari sisa metabolisme.

Berikut 3 Penyakit Ginjal yang Banyak Diderita :

  • Bilirubinaria
    Bilurubin adalah zat warna empedu. Sedang penyakit bilirubinaria sendiri terjadi jika urin penderita mengandung bilirubin dalam jumlah yang abnormal atau berlebihan. Karena kantung empedu yang terletak di sekitar hati, penyakit ini bisa diakibatkan oleh penyakit disfungsi hati atau penguraian hemoglobin yang berlebihan.
  • Ginjal Kronis
    Di Amerika, penyakit ini sangat umum dialami oleh masyarakatnya. Bahkan sebanyak 26 juta penduduk Amerika Serikat mengalami penyakit ginjal kronis. Sementara itu, jutaan orang yang lain juga memiliki faktor risiko yang tinggi untuk menderita penyakit satu ini. Untuk itu, deteksi dini penyakit ginjal akan membantu mengurangi pasien penyakit ginjal kronis.
  • Batu Ginjal
    Penyakit pada ginjal ketiga ini sudah terbilang umum, pasalnya orang Indonesia sudah banyak yang menderita penyakit ini. Penyakit yang satu ini diakibatkan oleh penumpukan dan pengerasan kalsium oksalat pada daerah ginjal. Penyakit ini akan terasa sangat sakit ketika pengerasan tersebut sudah berpindah di daerah ureter. Namun bukan tidak mungkin jika rasa sakit akan diderita saat batu berada di ginjal.