3 Menu Makanan Sehat untuk Jantung

doktersehat-ayo-makan-ikan
Photo Credit: PRObrownpau

DokterSehat.Com– Menu makanan apa yang Anda rencanakan buat hari ini? Jika masih belum menentukan, maka cobalah beberapa pilihan menu dibawah ini. Tidak hanya enak, namun juga telah terbukti baik untuk kesehatan, utamanya organ jantung.

US Departement of Health & Human Services
memberikan beberapa pedoman menu makanan sehat yang bisa kita buat dengan cukup mudah. Tidak hanya menu makanan namun camilan juga disajikan.

Hal ini untuk mendukung asupan makanan yang baik untuk jantung, yaitu makanan yang rendah lemak dan sodium. Kira-kira apa sajakah menunya?

1. Ayam gulung ala asia

Pilihan menu ini memiliki energi yang cukup untuk makanan utama namun dengan komposisi yang sangat baik untuk tubuh. Asupan lemak jenuh dan natriumnya sangat rendah, dan kaya akan serat vitamin A dan C.

Cara membuatnya adalah dengan menggoreng ayam yang telah dibumbui dengan bawang putih, jahe, dan minyak sayur, misalnya minyak biji wijen. Kemudian ayam di gulung dengan daun selada yang diisi dengan daun basil serta bok choy. Jangan lupa buat saus cocolannya dari cabai, bawang putih, jeruk nipis, gula dan saus ikan.

2. Buah potong dengan saus yoghurt

Pilihan sehat untuk camilan tentu saja buah. Siapkan buah stroberi, nanas dan blackberi, tusuk menjadi seperti sate buah. Siapkan saus dari yoghurt, dicampur buah stroberi yang dihaluskan dan madu.

Camilan ini memiliki kalori dan serat yang cukup namun tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol sama sekali.

3. Ikan tuna panggang dengan salad kacang polong

Ingin makan malam yang sehat dan nikmat? Maka menu ini adalah pilihannya. Olahlah ikan tuna panggang menjadi stik daging ikan, gunakan minyak zaitun atau minyak canola, tambahkan bumbu rempah dan perasan jeruk lemon. Jangan lupa siapkan salad dari kacang polong (jika kemasan, pilih yang rendah natrium/sodium), daun bayam dan tomat. Kandungan lemak dan sodium menu ini rendah namun tetap tinggi serat.

Nah, itu dia tiga menu makanan sehat yang baik untuk jantung, mana yang akan Anda buat terlebih dahulu?