3 Manfaat Vitamin B1 Selain Sembuhkan Beri-Beri

DokterSehat.com – Vitamin B1 pada awalnya ditemukan oleh seorang dokter militer Belanda yang bertugas di Jawa. Dalam perkembangannya ditemukan fakta bahwa vitamin B1 tak hanya efektif untuk menyembuh penyakit kaki gajah atau beri-beri. Berikut adalah manfaat vitamin B1 selain untuk penyembuhan beri-beri:



Meningkatkan Energi Tubuh

Peningkatan sirkulasi darah bisa membantu distribusi oksigen pada seluruh tubuh. Semakin tinggi kadar oksigen yang masuk, semakin tinggi pula tingkat energi tubuh. Terutama pada saat melakukan latihan secara intens.

Mencegah Anemia

Anemia mengakibatkan kekurangan oksigen (hipoksia) pada penderita. Hal ini memicu terjadinya penurunan kandungan hemoglobin dalam darah. Vitamin B1 berperan membantu produksi sel darah merah serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Membantu Metabolisme Glukosa

Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk mengubah karbohidrat dalam bentuk glukosa yang dapat menghasilkan energi untuk tubuh sehingga dapat berfungsi optimal.

Metabolisme karbohidrat memegang peranan penting dalam menjaga ketahanan dan keseimbangan sistem tubuh, terutama pada organ liver (hati). Menjaga kadar glukosa dalam darah adalah salah satu dari sekian banyak tugas hati bagi tubuh. Kemampuan hati untuk mensitesa glukosa tidak lepas dari peran vitamin B1.