3 Makanan Yang Tidak Boleh Banyak Dikonsumsi Saat Masa Menyusui

doktersehat-makanan-ibu-menyusui

DokterSehat.Com– Tidak banyak berbeda dengan saat hamil, ibu yang menyusui juga harus tetap memerhatikan asupan makanannya lho. Meskipun pilihan makanan untuk ibu menyusui tidak seketat saat hamil, namun ibu menyusui juga tidak boleh asal mengonsumsi bahan makanan, apalagi jika dikonsumsinya berlebihan.

Beberapa bahan makanan dibawah ini adalah makanan yang cukup umum dikonsumsi, namun ternyata jika ibu menyusui mengonsumsinya terlalu banyak dapat memengaruhi kualitas ASI lho.

Pakar kesehatan Nivin Todd, dari WebMD, menyebutkan beberapa makanan yang tidak boleh berlebihan konsumsinya pada ibu menyusui adalah:

1. Daun parsley dan daun mint

Tidak seperti jenis daun-daunan lainnya. Daun parsley dan daun mint jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu menyusui akan mengurangi jumlah produksi ASI. Hal ini disebabkan daun mint dan daun parsley yang terlalu banyak akan menyebabkan kandungannya memengaruhi hormon produksi ASI. Namun penggunaan daun parsley dan daun mint sebanyak 1-2 sendok makan umumnya tidak mengganggu produksi ASI.

2. Teh

Minuman favorit banyak orang ini ternyata tidak boleh banyak dikonsumsi ibu menyusui karena memiliki kandungan kafein. Hal ini dikhawatirkan mengganggu pola tidur ibu menyusui yang secara tidak langsung akan memengaruhi produksi ASI. Untuk itu batasi konsumsi teh pada ibu hamil maksimal 1-2 porsi saja dalam satu hari, ya.

3. Sayur yang bergas

Ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi sayur yang bergas. Hal ini akan mengganggu kesehatan ibu secara umum sehingga bisa memengaruhi produksi ASI. Ibu menyusui tetap harus memenuhi kebutuhan sayur dan buahnya, namun hindari pemilihan sayur atau buah yang bergas, utamanya jika ibu sudah memiliki riwayat gangguan pencernaan sebelumya.

Sayur berdaun gelap lazimnya dianjurkan untuk ibu hamil, selain tidak bergas kandungan gizi, mulai dari asam folat dan mineral lainnya cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik