3 Makanan Alami Untuk Mengobati Flu

DokterSehat.Com – Di Indonesia, musim hujan datang tanpa jadwal yang tepat. Menurut berbagai buku pelajaran sekolah, seharusnya kita memasuki musim kemarau, tetapi di beberapa kota, musim hujan kembali hadir. Akibatnya. flu siap menyerang siapa saja dan mengganggu aktivitas.



Bila flu sudah terlanjur menyerang tubuh, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan membantu tubuh melawan virus flu. Inilah beberapa bahan alami yang murah dan mudah Anda jumpai di dapur. Sebelum mengambil obat, tak ada salahnya memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi flu :

  • Kunyit
    Bahan makanan yang sering ada dalam kari ini memiliki kekuatan yang hebat untuk tubuh Anda. Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan antivirus dan anti-inflamasi. Sehingga bisa dikatakan, kunyit dapat membantu tubuh Anda melawan virus flu sekaligus melindungi tubuh dari peradangan. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kunyit dapat melindungi tubuh dari berbagai kanker. Maka konsumsilah makanan yang mengandung kunyit ketika Anda sedang flu.
  • Bawang putih
    Meskipun baunya tajam, bawang putih juga memiliki efek yang hebat untuk tubuh Anda. Senyawa sulfur pada bawang putih (yang baunya tajam) justru membuat bawang putih menjadi bahan alami yang mampu melawan berbagai kanker. Tak hanya itu, bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung dan membuat seseorang lebih cepat sembuh dari flu. Karena itulah, sup bening ayam dengan bumbu bawang putih sering dijadikan makanan sehat ketika flu.
  • Green tea
    Saat flu, tubuh sering menggigil dan ingin menikmati minuman hangat. Salah satu minuman yang bisa Anda nikmati saat flu adalah green tea atau teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan katekin yang mampu melawan kanker sekaligus menurunkan kadar kolesterol. Kandungan katekin tersebut dapat membantu tubuh melawan peradangan yang sering terjadi ketika tubuh tidak fit dan virus menyerang. Maka jangan heran jika tubuh Anda terasa lebih fit dan masa penyembuhan flu lebih cepat jika mengonsumsi teh hijau.
Baca Juga:  Pengobatan Alternatif Dan Herbal Penyakit Amandel

Itulah beberapa makanan alami yang dapat mengobati dan mempercepat proses penyembuhan setelah sakit flu. Semoga bermanfaat.