3 Kebiasaan Mengejutkan Yang Bisa Merusak Gigi

DokterSehat.Com – Setiap dari kita pasti mendambakan gigi dan gusi yang sehat, kuat dan menawan. Sayangnya, belum banyak yang peduli soal perawatan si putih ini. Asalkan sudah sikat gigi 3 kali sehari rasanya sudah cukup. Padahal, sikat gigi saja tidak cukup untuk merawatnya.

3

Moms, tanpa disadari, hal-hal kecil yang sering dilakukan ternyata bisa mengancam cantiknya gigi Anda. Wah lebih baik mulai berhenti melakukannya deh daripada gigi jadi rusak dan hilang pesonanya. Apa saja?

  • Menyikat gigi sekuat tenaga
    Seringkali Anda menyikat gigi dengan kekuatan penuh untuk menghilangkan plak yang menempel. Sebenarnya hal ini malah akan merusak gigi Anda, Moms. Enamel yang melapisi gigi akan terkikis dan gigi jadi mudah sekali berlubang. Terbayangkan bagaimana sakitnya gigi kalau sudah berlubang? Maka dari itu hentikan hal ini sekarang juga supaya gigi tetap sehat dan cantik.
  • Mengunyah es batu
    Sepertinya sayang kalau membeli es serut tapi es batunya dibiarkan begitu saja. Sayangnya, mengunyah es tidak bagus untuk kesehatan gigi. Jaringan yang ada dalam gigi jadi teriritasi dan gigi jadi gampang ngilu. Wah kalau sudah begini sakit gigi tidak bisa dielakkan lagi.
  • Membuka sesuatu menggunakan gigi
    Hayooo, sering sekali dilakukan di rumah, betul tidak? Tanpa disadari, membuka plastik atau botol dengan gigi bisa menyebabkan keretakan. Lebih baik hentikan kebiasaan ini. Pakailah gunting dan pembuka tutup botol untuk memudahkan Anda membuka barang-barang tersebut.