3 Jenis Penyakit Kelamin Yang Wajib Diketahui

Dokter Sehat – Organ intim milik pria atau wanita merupakan tempat yang sangat mudah sekali di datangi oleh kuman atau bakteri, dan pada waktu Anda berhubungan intim, baik pria ataupun wanita sudah sangat beresiko terkena berbagai macam jenis penyakit kelamin. Sehingga penting sekali merawat atau menjaga kesehatan pada area organ intim ini, munculnya penyakit kelamin ini berasal dari berbagai macam bakteri yang hinggap pada organ intim atau daerah sekitar sehingga apabila terjadi infeksi pada area tersebut maka semakin beresiko untuk terkena berbagai macam penyakit kelamin yang berbahaya.



3 jenis penyakit kelamin yang harus diketahui :

1.Chlamydia
Penyakit ini muncul diakibatkan bakteri chlamydia trachomatis, kabar buruknya, bakteri ini adalah jenis bakteri yang penyebarannya paling cepat dibandingkan bakteri yang lain. Selain itu, para dokter di Inggris menemukan bahwa sebagian besar dari penderitanya tidak memiliki gejala-gejala tertentu, penyakit ini juga dapat berupa infeksi pada mata yang mengakibatkan mata merah, dan bengkak di sekitar area mata.

2.Gonorrhea
Ini adalah penyakit yang muncul karena infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae, bakteri jenis ini akan cepat berkembang dan menyebar di area yang basah dan hangat, seperti serviks, saluran kencing, dubur, dan mulut. Gonorrhea yang tidak segera diobati akan mengakibatkan kemandulan pada wanita dan pria, kelahiran bayi prematur, hingga kematian janin di dalam kandungan.

3.Syphilis
Syphilis merupakan penyakit dari infeksi kuman treponema pallidum, ia muncul dari berbagai macam bentuk hubungan intim, termasuk anal sex. Gejalanya muncul biasanya setelah 9 – 20 hari kuman itu tersebar, yakni benjolan di sekitar kemaluan, baik pria maupun wanita, dan anus. Beberapa setelah benjolan tersebut muncul meletus dengan sendirinya, meskipun tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah itu penderita akan menderita demam, ruam, dan bisul di tenggorokan. Setelah itu, tingkatan ketiganya adalah saat kuman menyerang otak, urat saraf tulang belakang, dan organ-organ penting lainnya.