3 Jenis Pelumas Kondom yang Aman dan Bisa Meningkatkan Kenikmatan

doktersehat-kondom-seks-seksualitas-seks

DokterSehat.Com – Sebagian besar kondom yang ada di pasaran sudah menggunakan pelumas bawaan. Kondom jenis ini bisanya menggunakan bahan sejenis spermisida yang akan mematikan sperma jika kantungnya bocor. Bahan nonoxynol-9 yang digunakan sebagai spermisida dikenal aman dan bisa digunakan kapan saja.

Sayangnya, tidak semua wanita tahan dengan bahan tambahan ini. Beberapa wanita dan sebagian pria bahkan mengalami alergi. Untuk mengatasi kondisi ini, pasangan disarankan untuk menggunakan kondom tanpa pelumas. Selanjutnya, mereka bisa menggunakan pelumas tambahan di bawah ini.

1. Pelumas dengan bahan dasar air

Pelumas dengan bahan dasar air tidak berbahaya untuk kesehatan. Pelumas ini juga mudah dicuci dengan air sehingga tidak akan mengering di dalam vagina. Bahan air pada pelumas juga tidak akan merusak kondom lateks. Kondisi ini akan membuat aktivitas seks menjadi aman dan kemungkinan terjadi kehamilan serta penularan penyakit tidak terjadi.

2. Pelumas dengan bahan dasar minyak

Pelumas dari minyak yang bisa digunakan meliputi baby oil, minyak kelapa murni, minyak zaitun, dan minyak lain yang terbuat dari bahan alami. Sayangnya, penggunaan bahan ini cukup terbatas dan tidak bisa sembarangan digunakan dengan kondom. Beberapa kondom yang tipis mudah rusak saat tergesek dengan pelumas minyak.

3. Pelumas dengan bahan dasar silikon

Pelumas dengan bahan silikon cukup tahan lama saat digunakan. Anda bisa merasakan sensasi licinnya lebih lama. Sayangnya, ketahanannya ini membuat wanita sering susah membersihkan pelumas dari vagina. Bahan silikon tahan dengan air sehingga wanita sering harus mengorek area vagina agar sisa cairan pelumas bisa dikeluarkan dan tidak mengering di dalam sana.

Nah, inilah tiga jenis pelumas kondom yang aman dan bisa digunakan untuk meningkatkan kenikmatan saat bercinta. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan ya.