3 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Berpuasa

doktersehat-menu-makanan-puasa
Photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Pada saat memasuki bulan tersebut, setiap umat muslim diwajibkan untuk berpuasa atau menahan makan dan minum, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Ketika menjalani puasa, tentu saja perut akan kosong dalam waktu yang cukup lama. Dengan demikian, makanan yang harus dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa haruslah makanan yang sehat dan tidak sembarang.

Banyak orang yang masih asal dalam memilih makanan saat berpuasa. Banyak yang lebih memilih mengonsumsi makanan cepat saji karea dianggap lebih praktis dan mudah dibuat. Kebiasaan tersebut sebaiknya dihentikan karena selama berpuasa tubuh membutuhkan gizi yang lebih banyak.

Oleh sebab itu, selama berpuasa Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi selama berpuasa:

1. Makanan Berkarbohidrat

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat. Saat berpuasa, tubuh membutuhkan karbohidrat yang lebih banyak untuk membentuk glukosa yang digunakan sebagai sumber energi. Glukosa tersebut nantinya akan disimpan sebagai energi di dalam tubuh dan bisa digunakan selama seharian penuh ketika sedang berpuasa.

Asupan karbohidrat bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi jenis makanan seperti nasi, pasta, gandung, kentang, dan sebagainya. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat pada saat sahur agar tubuh tidak lemas saat siang hari.

2. Buah-buahan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa buah-buahan merupakan sumber vitamin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah-buahan yang sebaiknya Anda konsumsi pada saat berpuasa adalah buah kurma.

Buah ini mengandung gula alami yang bagus untuk meningkatkan energi. Selain itu, buah kurma juga mengandung potasium, tembaga, dan serat yang tentunya sangat baik untuk pencernaan. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi buah lainnya seperti alpukat, timun suri, jeruk, dan blewah.

3. Sayuran dan Kacang-kacangan

Tidak hanya buah-buahan, sayuran juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh, apalagi saat sedang berpuasa. Sayuran yang dikombinasikan dengan kacang-kacangan akan lebih bagus karena dapat menciptakan serat larut dan tidak larut.

Serat ini nantinya akan membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi gluosa dalam darah. Bahkan, serat tersebut mampu membantu mengontrol kadar kolesterol yang biasanya akan meningkat ketika sedang berbuka puasa.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik