Tidak Disangka, 3 Hal Sepele Saat Memasak Ini Merusak Gizi Masakan

doktersehat-kesalahan-memasak
Photo Credit: Flickr.com/baron valium

DokterSehat.Com– Anda hobi memasak?Memasak memang menjadi suatu hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Dengan memasak kita tidak hanya meningkatkan citarasa makanan tapi juga akan mendapatkan manfaat dari kandungan gizi bahan makanan dengan maksimal.

Namun sayangnya, dalam proses memasak, kandungan gizi yang ada pada bahan makanan bisa hilang. Kemungkinan terjadinya hal ini akan semakin besar jika kita tidak melakukan proses masak dengan benar. Dan ternyata, ada cukup banyak kesalahan sepele yang sering terjadi pada saat kita memasak, apa sajakah?

1. Memasukkan bahan makanan sebelum air mendidih

Saat merebus masakan, selalu pastikan bahwa Anda memasukan bahan makanan setelah air rebusan benar-benar matang ya. Hal ini sangat penting karena akan menjamin keamanan makanan.

Memasukkan bahan makanan sebelum air mendidih akan menyebabkan paparan bakteri dari air yang belum matang pada bahan makanan. Hal ini yang kemudian bisa meningkatkan risiko keracunan makanan.

2. Menambahkan garam saat masakan belum matang

Tahukah Anda bahwa waktu yang tepat untuk menambahkan garam pada masakan adalah saat masakan tersebut telah matang? Ya, hal ini akan sangat baik untuk menjaga kandungan iodium yang merupakan zat gizi paling penting dalam garam.

Memasukkan garam dalam masakan saat belum matang akan membuat kandungan iodium pada garam rusak, sehingga masakan hanya akan terasa asin tanpa adanya kandungan iodium yang bermanfaat untuk tubuh.

3. Memasak terlalu lama

Makanan yang dimasak terlalu lama tentu akan merusak kandungan gizinya. Jika khawatir akan kematangan makanan, maka gunakan termometer makanan saat memasak atau selalu pastikan bagian tengah makanan telah matang sempurna dengan menggunakan garpu sehingga saat makanan telah matang kita bisa segera mengangkat makanan tersebut dari kompor.

Jadi, saat memasak hindari melakukan tiga hal di atas agar masakan yang kita konsumsi makin sehat, ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik