3 Faktor Yang Dapat Melawan Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Penyakit jantung dapat dipulihkan tanpa operasi dan tanpa obat dengan lima langkah sederhana, ujar Steven Masley, MD. Dia menguraikan perencanaan yang inovatif dalam buku terlarisnya, The 30-Day Heart Tune-Up.



Dr. Masley, anggota dari American Heart Association dan pemenang penghargaan pendidik, mengatakan bahwa penelitian dan pengalamannya menunjukkan bahwa pemikiran konvensional tentang kesehatan jantung (kolesterol adalah pencetus utama penyakit jantung), benar-benar salah.

Berikut adalah faktor yang dapat melawan penyakit kanker :

  • Mengurangi lemak tubuh
    Obesitas merupakan faktor risiko jantung yang jelas. Oleh karena itu, mengatasi lemak tubuh juga berarti mengatasi penyakit jantung, kata Dr Masley.

    Kelebihan lemak tubuh tidak hanya meningkatkan kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah, tetapi juga menghasilkan senyawa inflamasi, dan ini, pada gilirannya akan mempercepat pembentukan plak di arteri koroner. Peradangan menyebabkan darah lengket, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke, katanya.

  • Meningkatkan asuparan serat
    Jika anda ingin mengatasi penyakit jantung yang ada, meningkatkan jumlah asupan serat makanan adalah faktor yang paling penting.

    Dia merekomendasikan serat larut, yang ditemukan dalam kacang-kacangan (beans), kacang-kacangan (nuts), gandum, sayuran, dan buah-buahan. Ia merekomendasikan untuk mengkonsumsi lima cangkir buah-buahan dan sayuran setiap hari, bersama dengan setengah cangkir kacang-kacangan (beans) dan segenggam kacang (nuts).

    Buah-buahan dan sayuran yang baik untuk jantung adalah yang berwarna cerah seperti hijau, merah cerah, dan kuning karena sangat kaya akan antioksidan anti-penuaan. Tomat, jeruk, anggur merah, brokoli, paprika, kale, dan bayam merupakan beberapa diantaranya.

  • Meningkatkan kadar gizi
    Makan makanan yang sehat akan memberikan sejumlah vitamin dan nutrisi yang cukup. Suplemen juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan jantung secara substansial bahkan jika anda telah makan makanan yang bergizi, olahraga secara teratur, dan mengelola stres, katanya.

    Dia merekomendasikan untuk mengkonsumsi multivamin yang seimbang setiap harinya meliputi magnesium (400 mg), vitamin D (2.000 mg), dan vitamin K (250 mcg). Orang-orang dengan darah yang encer harus berkonsultasi dengan dokter mereka terlebih dahulu sebelum meningkatkan asupan vitamn K, katanya.