3 Faktor Kanker Prostat Pada Pria

DokterSehat.Com – Kanker prostat umumnya terjadi pada pria setelah berusia diatas 50 tahun dan sebagian besarnya terjadi setelah berumur 70 tahun. Prostat ini sendiri adalah sebuah kelenjar yang terletak tepat dibawah kantung kemih pria dan berfungsi untuk menghasilkan cairan sebagai pembantuk sebagian komponen air mani pria.



Penyebab dari kanker prostat secara detilnya belumlah sepenuhnya diketahui, namun ada beberapa hal yang dipercaya sebagai faktor penyebab atau sesuatu yang menambah resiko seseorang untuk terkena kanker prostat.

Prostat terdapat di bawah kantong kemih, di depan dubur, dan berukuran sebesar buah kenari. Hanya pria yang memiliki prostat, jadi kaum adam yang terserang kanker prostat. Kanker prostat bisa menyebabkan aliran darah ke Mr. P yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi. Bisa juga menyebabkan tidak bisa ejakulasi setelah ereksi. Tapi, pembesaran prostat bisa saja menyebabkan munculnya gejala ini.

Perlu Anda ketahui, beberapa faktor yang mungkin meningkatkan peluang mengalami kanker prostat antara lain :

  1. Berusia tua
    Kanker prostat biasanya menyerang laki-laki berusia 65 tahun.
  1. Sejarah keluarga dengan kanker prostat
    Jika anda memiliki keluarga yang mengalami kanker prostat, maka risiko anda akan meningkat untuk mengalaminya juga.
  1. Obesitas
    Laki-laki yang memiliki kanker prostat dan memiliki berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dilakukan perawatan medis.

Para peneliti juga menemukan hubungan antara onani dan risiko kanker prostat setelah meneliti aktivitas seksual 1.079 penderita kanker prostat dan 1.250 pria yang bebas kanker itu. Tim di bawah pimpinan Graham Giles itu menemukan, kanker prostat kurang senang pria yang berusia 20-50 tahun dan secara teratur mengalami ejakulasi, dibanding pria pada rentang yang sama dan kadang-kadang ejakulasi. Efek antikanker onani terbesar pada mereka yang berusia 20-an.