3 Ciri Penyakit Gagal Ginjal

DokterSehat.Com – Gagal ginjal akut adalah hilangnya kemampuan ginjal untuk menyaring darah secara tiba-tiba, ketika itu terjadi maka cairan, elektrolit dan kotoran akan bercampur di dalam darah.

15

Gagal ginjal dapat berkembang dengan cepat hanya dalam beberapa jam sampai beberapa hari, orang dengan gagal ginjal dapat menjadi fatal serta membutuhkan perawatan medis intensif. Jika ginjal anda masih dalam kondisi yang baik, jaga baik-baik kesehatan ginjal anda.

Penyakit gagal ginjal ini tidak banyak disadari oleh banyak orang. Karena pada dasarnya penyakit gagal ginjal ini merupakan penyakit yang membunuh secara diam-diam (silent disease and silent killer), sehingga tak sedikit orang yang memiliki ciri-ciri penyakit gagal ginjal selalu mengabaikan dan dianggap sebagai penyakit biasa saja. Ciri-ciri penyakit gagal ginjal yang paling umum adalah adanya perubahan warna urine dan Anda mengalami sakit atau nyeri pada saat buang air kecil. Memang seringkali ciri-ciri penyakit gagal ginjal ini hampir sama dengan penyakit umum lainnya, sehingga penangan biasanya kerap kali terlambat.

Penyakit gagal ini merupakan salah satu penyakit yang ciri-ciri penyakit gagal ginjal ini tidak banyak disadari oleh banyak orang. Karena pada dasarnya penyakit gagal ginjal ini merupakan penyakit yang membunuh secara diam-diam (silent disease and silent killer), sehingga tak sedikit orang yang memiliki ciri-ciri penyakit gagal ginjal selalu mengabaikan dan dianggap sebagai penyakit biasa saja.

Adapun ciri-ciri penyakit gagal ginjal adalah sebagai berikut :

  1. Kepala pusing dan sulit berkonsentrasi
    Anemia berkaitan dengan penyakit gagal ginjal, menandakan bahwa otak anda kurang mendapatkan oksigen yang cukup sehingga mengakibatkan pusing kepala dan susah untuk berkonsentrasi. Bahkan ada yang sampai kehilangan keseimbangan sewaktu berjalan karena parahnya anemia yang dirasakannya.
  1. Ruam
    Fungsi ginjal yang paling utama adalah untuk membuang limbah atau kotoran dari aliran darah. Jika fungsi ginjal sudah tidak berfungsi normal maka akan terdapat penumpukan kotoran didalam tubuh yang mengakibatkan rasa gatal yang berlebihan. Pada umumnya rasa gatal yang parah ini biasanya juga disertai dengan pembengkakan diberbagai bagaian tubuh pasien seperti tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki.
  1. Tubuh Merasa Kedinginan
    Penderita penyakit gagal ginjal biasanya juga merasakan kedinginan sepanjang waktu, walaupun ia berada di suhu yang hangat. Rasa dingin ini biasanya menyerang pada malam hari.
Baca Juga:  Wanita Dilarang Konsumsi Kalsium Berlebih!

Nah, itulah ciri penyakit gagal ginjal. Semoga bermanfaat!