3 Cara Mengistirahatkan Otak

DokterSehat.Com – Otak manusia bukanlah sebuah mesin yang dapat bekerja 24 jam penuh. Jika seseorang terlalu memeras otaknya tanpa memberikan waktu istirahat yang cukup, maka bersiaplah dengan berbagai resiko yang mungkin terjadi yang bisa merusak otak sekaligus semua memori yang tersimpan di dalamnya. Anda tentu setuju bahwa organ otaklah yang paling vital yang mengendalikan semua organ dan anggota tubuh manusia. Untuk itulah, pentingnya mengistirahatkan organ otak, agar dapat berfungsi maksimal saat digunakan.



Kemampuan otak yang dimiliki oleh manusia terbilang sangat menakjubkan. Berbagai kemajuan teknologi di zaman moderna merupakan hasil kreasi otak manusia yang terus berkembang. Meskipun organ otak memiliki kemampuan daya kreasi yang luar biasa, otak bukanlah mesin yang tidak butuh istirahat. Terus memaksakan mempekerjakan otak tanpa henti tentu akan berdampak negatif kedepannya.

Berikut ini 3 cara mudah mengistirahatkan otak :

  • Tidur cukup dimalam hari
    Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan otak anda. Ini dikarenakan, dari pagi hingga menjelang sore hari, otak selalu setia menemani seseorang dalam segala rutinitas dan pekerjaan khsususnya yang berkaitan dengan pekerjaan dan aktivitas yang melibatkan otak.
  • Jadwalkan liburan di akhir pekan
    Pekerjaan manusia modern sekarang ini selalu dihadapkan pada pekerjaan multitasking atau beberapa pekerjaan yang dikerjakan dalam satu waktu yang mana tentunya sangat memeras kemampuan organ otak. Maka, berlibur ke tempat yang menyenangkan dapat membuat otak lebih fresh lagi.
  • Istirahatkan otak dalam beberapa menit saat bekerja
    Saat setumpuk pekerjaan menghampiri, sangat dianjurkan memberikan jeda atau waktu istirahat organ otak selama beberapa menit sebelum melanjutkan aktivitas pekerjaan tersebut.