3 Cara Membekukan Makanan yang Benar

membekukan-makanan-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Sean Freese

DokterSehat.Com– Bagaimana cara Anda membekukan makanan pada frezeer? Membekukan makanan di frezeer tidak boleh asal dilakukan, karena kualitas makanan bisa jadi terganggu apabila cara pembekuan makanan tidak tepat, lho.

Photo Credit: flickr/ Sean Freese

Membekukan makanan menjadi cara paling ampuh untuk memperpanjang masa simpan makanan. Agar kualitas makanan bisa terjaga selama masa penyimpanan tersebut maka proses pembekuan makanan harus dilakukan dengan tepat.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membekukan makanan dengan benar, yaitu:

1. Memastikan ketepatan suhu frezeer

Selalu pastikan dan pantau suhu frezeer aman, yaitu dibawah 0 derajat celsius. Jika Anda masih belum yakin, maka menggunakan termometer khusus untuk frezeer sangat dianjurkan.

2. Memilih dan mencatat bahan makanan yang sedang dibekukan

Umumnya hampir seluruh bahan makanan dapat dibekukan, sayur potong, daging, seafood, hingga saus dan telur dengan cangkang bisa dibekukan.

Yang perlu diperhatikan adalah lama masa simpan masing-masing jenis bahan makanan dalam frezeer. Untuk itu mencatat kapan kita mulai membekukan bahan makanan penting dilakukan agar makanan yang dibekukan bisa kita gunakan sebelum lewat masa simpannya.

3. Menggunakan wadah atau pembungkus khusus

Makanan yang akan dibekukan sebaiknya dimasukkan dalam wadah tertentu. Misalnya toples atau gelas kaca, wadah plastik atau plastik dengan wrap khusus. Penggunaan alumunium foil juga dianjurkan untuk mencegah adanya frezeer burn (bagian kering berwarna putih) di bahan makanan.

Lapisi wadah makanan dengan aluminum foil, plastik tebal atau plastik makanan khusus frezeer pada wadah makanan yang akan dibekukan. Hal ini juga baik untuk menghindari kontaminasi makanan selama dibekukan.

Nah, itu dia tiga cara membekukan bahan makanan yang benar. Sudahkah Anda membekukan makanan dengan tiga cara di atas?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik