Inilah 3 Bakteri Berbahaya bagi Vagina yang Wajib Anda Ketahui

doktersehat-vagina-kering1

DokterSehat.Com– Vagina adalah salah satu organ yang bisa dibilang sangat sensitif bagi wanita. Sebab, organ intim ini sangat mudah diserang bakteri serta penyakit yang mengakibatkan terjadinya gangguan-gangguan yang cukup menyebalkan. Gangguan tersebut bisa berupa gatal, keputihan, nyeri, hingga aroma tak sedap.

Beberapa gangguan tersebut adalah jenis gangguan atau penyakit kelamin yang lumrah dan sering dialami oleh sebagian besar wanita. Nah, seperti yang sudah dijelaskan, penyakit tersebut muncul akibat infeksi dari bakteri yang bersarang. Perlu diketahui, pada vagina seseorang, terdapat ribuan bakteri yang bisa memicu datangnya penyakit. Namun, tidak semua bakteri bersifat buruk, ada pula bakteri baik yang diperlukan vagina.

Namun, waspadalah terhadap 3 jenis bakteri yang terbilang cukup berbaya bagi kesehatan vagina. Apa saja ketiga bakteri tersebut? Berikut diantaranya:

1. Bakteri Neisseria Gonorrhea

Bakteri yang satu ini biasanya menyebabkan vagina menjadi bernanah (kencing nanah). Bakteri ini tergolong sebagai bakteri gram negatif yang menempel pada dinding vagina. Parahnya lagi, bakteri Neisseria Gonorrhea terbilang cukup hebat dalam berkembang biak pada organ-organ sekitar vagina, misalnya serviks, tuba fallopi, serta uterus.

2. Bakteri Treponema Pallidum

Selanjutnya adalah bakteri bakteri treponema pallidum, yaitu bakteri jahat bisa mengakibatkan pembengkakan pada vagina yang disertai rasa nyeri. Selain itu, bakteri ini bisa menular akibat hubungan seksual. Apalagi jika pasangan Anda mengalami penyakit kelamin, maka bakteri ini akan semakin mudah berkembang biak pada vagina Anda. Selain berdampak pada vagina, jika dibiarkan begitu saja bakteri ini bisa mengakibatkan demam bagi penderitanya.

3. Bakteri Chlamydia Trachomatis

Bakteri ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis bakteri yang perkembangbiakannya cukup hebat. Bagaimana tidak, tercatat telah ratusan juta orang terinfeksi oleh bakteri jahat ini. Ketika Anda terinfeksi oleh bakteri chlamydia trachomatis, maka akan terjadi perubahan kondisi pada vagina Anda. Umumnya, vagina akan menjadi nyeri dan mengalami keputihan jangka panjang. Selain nyeri pada vagina, bakteri ini juga bisa memberikan efek nyeri pada perut bagian bawah jika tidak segera diatasi.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik