Ibu Hamil Jangan Minum Kopi Berlebihan, Ini Bahaya & Batasannya!

fakta-kopi-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk penggemar kopi? Jika ya, maka tentu sangat wajar jika Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup banyak atau dalam frekuensi sering, bukan?

Bagi pecinta kopi, tentu sangat sulit rasanya memulai atau melewati hari tanpa kopi, ya.

Sayangnya, asupan berbagai jenis makanan, termasuk kopi, jika dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan tentu bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara umum, tidak hanya pada orang tanpa kondisi khusus, namun juga akan berisiko pada kondisi kesehatan ibu hamil.

doktersehat-ibu-hamil-minum-kopiBahaya minum kopi berlebihan pada ibu hamil, tidak hanya berisiko bagi kondisi kesehatan ibu, akan tetapi dapat pula berbahaya untuk kesehatan janin.

Lantas, apa saja bahaya yang bisa terjadi jika ibu hamil berlebihan minum kopi?

Bagi kesehatan ibu dan janin, bahaya yang bisa terjadi akibat berlebihan minum kopi, sebagian besar disebabkan karena asupan kafein yang tinggi pada kopi.

Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai kondisi, yaitu:

1. Tekanan darah ibu hamil meningkat

Asupan kafein yang berlebihan telah terbukti berkontribusi pada peningkatan tekanan darah ibu hamil. Hal ini wajar mengingat kafein dapat meningkatkan peredaran darah ibu hamil.

doktersehat-hipertensi-kentang-konsultasiJika kondisi ini berlanjut, maka bukan tidak mungkin ibu hamil berisiko mengalami hipertensi saat kehamilan.

Hipertensi saat kehamilan bisa berbahaya untuk kesehatan kehamilan dan berisiko mengganggu lancarnya persalinan.

Hal ini tentu sangat berbahaya mengingat risiko yang bisa terjadi akibat terjadinya hipertensi saat kehamilan, yaitu gangguan pada kesehatan ibu, perdarahan saat hamil, dan risiko bagi janin saat dilahirkan.

2. Mengganggu pola tidur ibu hamil

Selain tekanan darah yang meningkat, asupan kafein yang berlebihan akan mengganggu pola tidur ibu hamil.

Hal ini tentu terjadi karena kafein bersifat meningkatkan metabolisme tubuh, termasuk peredarah darah, dapat membuat tubuh dapat aktif lebih lama. Meskipun ibu hamil merasa hal tersebut tidak bermasalah, nyatanya kebutuhan tidur dan istirahat ibu hamil sebaiknya harus diatur.

doktersehat-kurang-tidur-ngantukKondisi ini bisa membuat organ dan sistem tubuh semakin optimal dalam menjalankan fungsinya, sehingga tidak diforsir berlebihan.

Apalagi, saat hamil tubuh ibu cenderung mengalami banyak perubahan secara fisik dan hormon, sehingga istirahat yang cukup tentu akan sangat membantu optimalisasi fungsi kesehatan dan organ tubuh ibu.

3. Meningkatkan risiko bayi mengalami obesitas saat anak-anak

Belakangan ini banyak disebutkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan risiko bayi atau anak mengalami obesitas.

Hal ini ternyata telah terbukti pada suatu studi yang meneliti penyebab anak menjadi obesitas pada usia 3-5 tahun.

doktersehat-chahatkumar-obesitas
Photo Credit: Tuko

Anak yang telah mengalami obesitas pada usia 3-5 tahun tersebut ditelusuri riwayat kehamilannya, hasilnya, sebagian besar ibu dengan anak yang mengalami obesitas memiliki riwayat rutin mengonsumsi kopi paling tidak 3 kali dalam sehari selama kehamilannya.

Kondisi ini tidak lepas dari adanya kandungan kafein dalam kopi. Kafein pada kopi dinilai mampu memengaruhi, atau memberi respon, pada fungsi penyerapan gizi janin.

Hal ini yang kemudian memengaruhi tumbuh kembang janin yang akan meningkatkan risiko obesitas, sejak bayi, hingga anak-anak usia 5 tahun.

doktersehat-kopi-demensia-1024Nah, itu dia bahaya yang terjadi jika ibu hamil berlebihan minum kopi. Lalu, bagaimana jika ibu hamil ingin mengonsumsi kopi?

Jika ibu hamil memang pecinta kopi, batasi konsumsinya paling banyak 2 cangkir sedang, setara dengan 125-180 ml dalam 1-2 hari. Tidak membuat kopi terlalu kental dan hindari memilih kopi jenis espreso yang kandungan kafeinnya paling tinggi.