Menjaga Kesehatan Tulang dengan Karoten

Menjaga Kesehatan Tulang dengan Karoten

Share Artikel ini melalui: Twitter Facebook MySpace Digg Digg friendster wordpress technorati

oleh Rosalie Marion Bliss

DokterSehat – Pada penelitian terbaru diketahui bahwa pewarna alami yang terdapat dalam tumbuhan dapat membantu menghindari kehilangan tulang pada pria dan wanita lanjut usia. penelitian yang dilakukan oleh ARS (Agricultural Research Service) yang dipublikasikan dalam jurnal online di The American Jurnal of Clinical Nutrition.

Penelitian yang dilakukan oleh epidemiologist Katherine Tucker dan Jean Mayer dari USDA Human Nutrition Research Center on Aging (HNRCA) pada Tufts Unifersity di Boston, USA.

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan secara konsisten menunjukan bahwa asupan buah dan sayuran baik untuk tulang. antioksidan biologis dalam buah dan sayur seperti karotenoid, melindungi sel dan jaringan dari kerusakan karena adanya radikal bebas yang ada dalam tubuh. Nutrisi tertentu dari tumbuhan dapat melindungi tulang dengan mengurangi paparan oksidasi dan mencegak penghancuran tulang atau penyerapan kalsium tulang oleh darah.

Peleliti tersebut memeriksa potensi pengaruh asupan beberapa senyawa karoten termasuk alpha karoten, beta karoten, beta cryptoxantin, lycopene dan lutein beserta zeaxantin secara individu atau gabungan terhadap kepadatan minerat yang terdapat pada tulang.

Penelitian dilakukan dengan pengamatan perubahan kepadatan mineral tulang pada tulang panggul dan tulang pinggang milik sukarelawan berumur rata-rata 75 tahun yang mengikuti program Framingham Osteoporosis study. Diantara sukarelawan tersebut 213 laki-laki dan 390 wanita dipelajari selama 4 tahun.

Selama pengamatan 4 tahun tersebut, karoten dihubungkan dengan pencegahan kehilangan kepadatan mineral tulang pada tulang panggul pria dan tudalng pinggang pada manusia. Tidak ada pengaruh yang cukup signifikan pada tulang-tlang lainnya yang teramati.

Hasil penelitian ini mengungkapkan pengaruh protektif dari karoten terutama lycopene terhadap kerusakan tulang pada lanjut usia. Peneliti tersebut menyimpulkan bahwa ada karoten berpengaruh dalam perlindungan derhadap kerusakan tulang.

Untuk melihat kandungan karoten pada bahan pangan, dapat dilihat di ARS Nutrient Data Laboratory

Source

VN:F [1.8.5_1061]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.8.5_1061]
Rating: 0 (from 0 votes)



Artikel Sejenis

5 Comments »

  1. avatar comment-top

    Teh Cegah Perempuan Kena Osteoporosis

    Mereka yang biasa minum teh sejak mudanya, risikonya terkena osteoporosis menjadi jauh berkurang. Hal ini terungkap dalam laporan hasil penelitian Verona M Hegarty (2000) dan para peneliti dari Clinical Gerontology Unit, University of Cambridge School of Medicine serta Rumah Sakit Addenbrooke di Cambridge, Inggris, yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition (2000).

    Penelitian dilakukan pada 1.256 perempuan berusia 65-75 tahun, terdiri atas peminum teh 1.134 orang dan bukan peminum teh 122 orang. Mereka diukur BMD (bone mineral density, kepekatan mineral tulang) pada beberapa tulangnya.

    Hasilnya, ukuran BMD tulang-tulang peminum teh secara signifikan lebih besar dari pada kelompok bukan peminum teh. Ukuran BMD yang besar menunjukkan kekerasan tulang sehingga tidak mudah rapuh.

    Temuan tersebut menambah satu lagi manfaat kesehatan minum teh sekaligus paradoks teh. Soalnya selama ini ada anggapan bahwa tanin menghambat penyerapan dan kafein meningkatkan kehilangan kalsium tubuh, mineral utama yang diperlukan untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang. Ternyata efek negatif tersebut tidak berlaku pada tanin dan kafein teh.

    Efek perlindungan terhadap osteoporosis diduga berasal dari zat gizi dan non gizi seperti vitamin K, mineral flour (F), magnesium (Mg), flavonoid, dan lain-lain yang terdapat dalam teh. Zat-zat tersebut diperlukan dalam proses pembentukan tulang.

    Informasi selengkapnya mengenai khasiat dan manfaat teh hitam untuk kesehatan silakan cek ww.tehkesehatan.com Semoga bermanfaat, Salam.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

    comment-bottom
  2. avatar comment-top

    [...] Sumber Artikel : doktersehat.com [...]

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    comment-bottom
  3. avatar comment-top

    apa obat pengapuran pd tulang

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    comment-bottom
  4. avatar comment-top

    Originally Posted By cherapa obat pengapuran pd tulang

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    comment-bottom
  5. avatar
    dr Ronald Iskandar Says:
    December 6th, 2009 at 3:26 pm
    comment-top

    @cher
    Secara teoritis pengapuran tulang atau disebut juga osteoartritis tidak dapat diobati.
    teknologi terkini pada obat-obatan hanya untuk mengatasi rasa nyeri dengan cepat tanpa efek samping. Selain itu, diminta untuk diet agar berat badannya tidak menekan rasa nyeri, serta diminta untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. trims..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    comment-bottom

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Connect with Facebook

Improve the web with Nofollow Reciprocity.