20 Tahun Tidak Gosok Gigi, Begini Kondisi Gigi Pria Ini

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang cukup mengejutkan ditampilkan oleh program televisi bernama Embarrasing Bodies yang ditayangkan pada Channel 4. Dalam acara televisi tersebut, seorang pria yang masih berusia muda dan hanya dipanggil Jay ternyata mengaku tidak pernah menyikat giginya selama 20 tahun! Seperti apakah kondisi giginya yang sama sekali tidak pernah dibersihkan tersebut?



Jay yang masih berusia 21 tahun ini mengaku jika selama hidupnya, tidak ada satupun anggota keluarga yang memintanya untuk menggosok gigi. Akibat dari tidak dibiasakan untuk menyikat gigi ini, Ia pun tidak pernah melakukannya. Alhasil, bertahun-tahun lamanya sisa-sisa makanan tertinggal pada sela-sela giginya. Yang membuat kondisi giginya menjadi lebih buruk, Ia juga mengkonsumsi segala jenis makanan dan minuman, termasuk makanan yang tidak sehat dan minuman bersoda yang sangat buruk bagi kesehatan gigi.

Jay sebenarnya menyadari jika giginya sudah dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Namun, Ia juga takut untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter. Beruntung, adanya program televisi Embarrasing Bodies ini membuatnya mau diperiksa oleh dokter gigi bernama James Russell. Saat diperiksa inilah, diketahui bahwa sisa makanan pada gigi Jay sangatlah banyak hingga mengerak. Giginya pun sudah dalam kondisi sangat buruk dan terlihat berantakan. Drg Russell bahkan menyebutkan jika setelah melakukan CT Scan, setidaknya ada 11 gigi Jay yang harus dicabut karena sudah dalam kondisi yang sangat buruk.

Drg. Russel berkata bahwa Jay termasuk sangat beruntung karena meski giginya dalam kondisi sangat buruk, tulang di dalam gusinya masih cukup sehat untuk mendapatkan implan gigi. Hanya saja, drg. Russell hanya mau memberikan implan gigi ini dengan syarat Jay kini mau menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Jay ternyata menyanggupi syarat tersebut dan berjanji akan rajin mengosok gigi serta membatasi konsumsi minuman bersoda dan makanan kaya gula lainnya.

Baca Juga:  Hal Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Untuk Menghilangkan Jerawat

Setelah proses implan gigi selesai, gigi Jay kini terlihat jauh lebih bersih dan indah dibandingkan dari sebelumnya.