2 Tanaman Herbal Ini Terbukti Baik Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com– Apakah Anda tertarik mencoba manfaat tanaman herbal? Ada cukup banyak tanaman herbal di Indonesia yang disebut mampu mendukung kesehatan tubuh dengan berbagai kandungannya, lalu kira-kira tanaman apa yang memang baik untuk kita coba?

doktersehat-daun-salam-bayleaf

Ada berbagai bagian dari tanaman yang umum digunakan untuk herbal, mulai dari akar, batang lunak, daun, bunga atau biji.

Dari sekian banyak jenis herbal yang bisa kita manfaatkan, daun salam dan biji jinten hitam bisa jadi pilihan yang tepat.

Daun dalam dan biji jinten hitam lazim digunakan sebagai bumbu atau rempah dalam masakan, namun ternyata keduanya sama-sama memiliki potensi sebagai obat herbal terstandar.

Beberapa manfaat dari daun salam dan biji jinten hitam adalah:

  • Daun salam kaya antioksidan dan fitokimia

  • Daun salam sudah cukup banyak digunakan untuk pengobatan alternatif, berbagai penelitian yang dilakukan di Indonesia menunjukkan bahwa daun salam terbukti memiliki kandungan antioksidan yaitu flavonoid, antosianin, mineral selenium, hingga vitamin A dan vitamin E, serta memiliki banyak manfaat dari adanya minyak atsiri pada daun salam.

  • Daun salam menurunkan asam urat

  • Kandungan dekokta daun salam dengan dosis 1,25 g/kg berat badan terbukti menurunkan kadar asam urat darah yang sam efektifnya dengan allopurinol dosis 10mg/kg berat badan. Sehingga daun salam kini banyak digunakan untuk pengobatan alternatif asam urat.

  • Kandungan fitokimia biji jinten hitam

  • Jinten hitam memiliki manfaat yang berfungsi sebagai antiinflamasi dengan adanya kandungan antioksidan. Selain itu jinten hitam mampu menurunkan kadar kalsium oksalat pada urin.

Manfaat yang ada pada daun salam dan biji jinten hitam ini kemudian diteliti untuk dilihat potensinya sebagai herbal standar.

Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak daun salam dan ekstrak jinten hitam pada dosis 200 mg/kg berat badan masing-masing mampu menurunkan kadar asam urat sebesar 0,64 dan 1,2 mg/dL pada hewan uji.

Angka ini menunjukkan bahwa manfaat yang ada pada daun salam dan biji jinten hitam sangat berpotensi digunakan sebagai obat herbal terstandar.

Selain itu kandungan antioksidan yang dimiliki oleh daun salam dan biji jinten hitam juga terbukti mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit akibat radikal bebas.

Nah, apakah Anda tertarik mencoba manfaat dari daun salam dan biji jinten hitam sebagai tanaman herbal?