2 Cara Populer Untuk Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Untuk memiliki tubuh langsing dan ideal, banyak orang melakukan segala cara salah satunya dengan diet ketat. Sekitar dua tahun belakangan, pola makan untuk menurunkan berat badan yang populer dengan sebutan diet mayo dan diet vegan mulai menjadi tren, terutama setelah diperkenalkan para selebriti lewat social media.

15721466273_0e18c3fb40_k

Diet mayo adalah salah satu diet terpopuler saat ini. Selain menurunkan berat badan juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan diabetes. Metode diet mayo adalah makan makanan tanpa garam yang dilakukan dalam 13 hari dan mengurangi asupan karbohidrat. Program diet mayo terdiri dari dua fase. Fase pertama adalah fase lose it, dimana pasien akan menjalankan diet selama 13 hari untuk mendapatkan penurunan berat badan berkisar 2-5 kg.

Setelah dua minggu, diet mayo dilanjutkan dengan fase live it. Ini adalah fase dimana kita sudah mempelajari pilihan menu makanan dan jumlah porsi makanan yang akan disantap per-hari. Selama menjalani diet mayo, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dikukus, direbus atau dipanggang.

Selain diet mayo, pola diet lain yang cukup populer adalah diet vegan. Diet ini mengatur pola makan dengan hanya mengonsumsi makanan yang bersumber dari nabati. Dengan mengajak orang menjalani diet vegan, maka produksi daging diharapkan bisa menurun dan meminimalisir emisi gas metana yang menyebabkan pemanasan global.

Satu lagi alasan kalin untuk melakukan diet vegan karena kesehatan. Daging, telur dan segala olahan dari hewan dianggap bisa menjadi penyebab kanker, diabetes, serta penyakit degeneratif lainnya. Untuk menghindarinya bisa dengan melakukan diet vegan.

Harus diingat tujuan utama metode diet diciptakan untuk membuat tubuh lebih sehat yang akhirnya dapat menciptakan kualitas hidup kita lebih baik. Namun karena keterbatasan pengetahuan, banyak di antara para pelaku diet salah dalam menerapkan pola diet yang sehat dan benar.

Baca Juga:  Gara-Gara Tangannya Tergores, Ibu Dua Anak Ini Akhirnya Meninggal Dunia

Diet mayo maupun diet vegan akan membantu proses penurunan berat badan secara sehat dan benar apabila diikuti dengan olahraga secara rutin. Pada praktiknya, tak sedikit yang justru terjebak hanya melakukan diet tanpa diimbangi olahraga sehingga hasilnya tidaklah efektif.

Diet mayo versus diet vegan, mana yang lebih sehat? Mana yang lebih efektif untuk melangsingkan tubuh? Apapaun metode diet yang anda pilih, pahami kebutuhan tubuh dan kebutuhan nutrisi anda terlebih dahulu. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi untuk menentukan metode diet yang terbaik untuk tubuh anda.