2 Alasan Bagaimana Campak Menyerang Orang Dewasa

DokterSehat.Com – Campak, siapa yang tidak mengenal penyakit ini? Penyakit ini cukup populer dengan ciri-ciri yang mudah dikenali yaitu bintik merah di sekujur badan, yang lebih populer lagi adalah bekas campak yang kerapkali terbawa hingga dewasa oleh anak yang terkena campak.

3

Agar hal tersebut tidak Anda alami, maka informasi tentang bagaimana campak menyerang orang dewasa perlu diketahui. Siapa tahu kalau kita mengetahui proses dan alasannya, maka kita bisa melakukan tindakan pencegahan yang tepat sebab penyakit campak di saat dewasa akan lebih dirasakan penderitaannya dibandingkan saat kanak kanak.

Sumber penyakit campak adalah infeksi virus. Jadi, sumber utama bagaimana campak menyerang orang dewasa adalah dikarenakan infeksi tersebut. Secara umum, ada 2 jenis orang dewasa yang memiliki kemungkinan terserang campak, yaitu :

  • Orang dewasa yang belum pernah mengalami penyakit campak saat kecil
    Jika Anda merasa saat kecil sudah mendapatkan obat imunisasi campak dengan lengkap, maka Anda pun perlu berhati hati apabila sejak kecil hingga sekarang belum pernah terserang campak, karena bisa jadi hal tersebut akan berlaku saat Anda beranjak dewasa. Faktor penyebabnya adalah penularan dari penderita campak lainnya, oleh sebab itu bagi Anda yang belum pernah terserang campak sejak kecil, maka dianjurkan untuk menjauhi penderita campak terlebih dahulu untuk menghindari penularan.
  • Orang dewasa yang tidak mendapatkan imunisasi campak saat bayi
    Virus campak bisa ditanggulangi atau dilawan dengan reaksi dari obat imunisasi campak yang disuntikkan saat kita masih kecil. Sehingga, saat virus campak memasuki tubuh, maka sistem kekebalan bisa mematikannya. Akan tetapi, jika kita tidak mendapatkan obat imunisasi tersebut, walaupun saat kecil kita sudah pernah mengalami campak, maka masih ada kemungkinan kita pun akan mengalaminya lagi saat dewasa kelak, hanya saja persentase kemungkinannya kecil.