Buat Perokok Waspada Beberapa Penyakit Ini

Dokter Sehat – Merokok membahayakan bagi hampir semua organ tubuh, menimbulkan banyak penyakit dan memengaruhi kesehatan perokok secara umum. Bila Anda berhenti merokok, manfaatnya dapat Anda rasakan secara langsung maupun jangka panjang, bagi Anda maupun orang-orang yang Anda cintai.



Besarnya bahaya merokok sebenarnya bukan tidak disadari oleh para perokok, karena pada setiap bungkus rokok kini terdapat peringatan wajib dari pemerintah yang berbunyi : MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Tetapi, seringkali kuatnya ketergantungan terhadap rokok membuat orang tidak mau berhenti mengisapnya.

Penyakit yang dapat menyerang para perokok :

1.Penyakit jantung
Aktivitas merokok dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah atau aterosklerosis, kondisi ini menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yang disebabkan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah. Hal ini akan memicu munculnya penyakit jantung. Kerja jantung harus lebih keras dan nyeri dada atau angina disebabkan adanya tekanan ekstra, serangan jantung bisa terjadi karena satu arteri atau lebih benar-benar terblokir. Seseorang akan semakin besar memiliki kesempatan mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke, bila jumlah rokok yang dihisap semakin banyak dan kegiatan menghisap rokok semakin lama.

2.Penyakit paru
Merokok dapat meningkatkan risiko terkena pneumonia, emfisema dan bronchitis kronis. Sebutan lain penyakit ini adalah penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dari waktu ke waktu penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah menjadi buruk, hingga akhirnya orang tersebut meninggal dunia karena kondisi tersebut. Emfisema atau bronchitis dapat terjadi pada orang-orang yang berumur 40 tahun, namun biasanya dikemudian hari gejalanya akan lebih buruk, menurut American Cancer Society.

Baca Juga:  Sering Cemas Soal Kesehatan? Itu Gejala Penyakit Mental!

3.Kanker paru-paru dan jenis kanker lainnya
Kebiasaan merokok sudah sering dihubungkan dengan kanker paru-paru, kebiasaan merokok juga menjadi penyebab terhadap kanker lain seperti dari tenggorokan, kerongkongan, mulut, dan kotak suara atau laring. Kebiasaan merokok juga sudah dikaitkan dengan kanker jenis lain seperti kanker kandung kemih, ginjal, perut pankreas, kanker darah dan leher rahim.

4.Diabetes
Menurut Cleveland Clinic bahwa merokok dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, komplikasi dari diabetes juga dapat disebabkan oleh merokok seperti penyakit jantung, stroke, penyakit mata, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah serta masalah kaki.

5.Impotensi
Faktor risiko utama yang menyebabkan penyakit pembuluh darah perifer yang mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke berbagai wilayah tubuh adalah kebiasaan merokok, hal ini akan mempengaruhi pembuluh darah ke penis yang merupakan pembuluh darah yang kecil sehingga berakibat pada disfungsi ereksi atau impotensi.

6.Kebutaan
Degenarasi makula adalah kebutaan pada orang tua, orang yang merokok mempunyai peningkatan risiko degenerasi macula, sebuah studi tahun 2007 yang dipublikasikan dalam Archive of Ophthalmology menemukan bahwa orang yang aktif merokok 4 kali mungkin dibanding bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yang akan merusak makula , pusat retina serta menghancurkan penglihatan sentral tajam.

7.Penyakit mulut
Risiko penyakit gusi dan dapat menyebabkan masalah gigi serta napas terjadi karena salah satunya aktif merokok, proses penyembuhan menjadi terganggu karena rokok yang mengakibatkan kurangnya oksigen dan nutrisi ke jaringan gusi. Untuk pengobatan cenderung tidak ditanggapi oleh jaringan sehingga menyebabkan kerusakan gusi dan gigi tanggal.