Beberapa Jenis Makanan Yang Sehat Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.com – Kehamilan adalah masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan yang baru menikah. Pasangan yang sedang mengalami masa kehamilah biasanya sangat antusias, namun juga diselingi dengan rasa harap-harap cemas. Hal ini dikarenakan masa kehamilan juga bisa dikatakan sebagai masa dimana berbagai hal harus diperhatikan dengan cermat sehingga kehamilan dapat tetap dalam kondisi yang sehat. Disamping menjaga kesehatan kehamilan, ibu hamil juga sebaiknya menjaga kehamilannya sendiri. Dengan menjaga kesehatan dengan baik, maka resiko keguguran atau gangguan pada kehamilan dapat diminimalkan.



Salah satu cara yang biasa diterapkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan kehamilannya dan juga dirinya sendiri adalah dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Hal ini tentu dirasa wajar. Makanan yang dimakan ibu hamil akan dapat memberikan asupan energy dan gizi yang baik bagi tubuh, dan juga sekaligus akan menjadi asupan yang dikonsumsi oleh janin di dalam kandungan untuk terus bertumbuh dengan sehat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jenis makanan pertama adalah telur, sebuah bahan makanan yang sangat mudah didapat dan sering dikonsumsi oleh banyak orang. Telur memiliki berbagai kandungan sehat seperti protein, vitamin, dan mineral. Disamping itu, kandungan kolin pada telur dapat membantu pertumbuhan bayi dan kecerdasan otak bagi bayi yang ada di dalam kandungan.

Jenis makanan berikutnya adalah kacang-kacangan, jenis makanan ini banyak ditemukan di Indonesia, dari kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, dan lain sebagainya. Kacang kaya akan protein yang baik untuk ibu hamil. Kacang juga kaya akan serat yang baik untuk metabolism tubuh.

Jenis makanan berikutnya yang mudah didapatkan adalah ubi jalar dan biji-bijian. Ubi jalar kaya akan vitamin A dan C. Selain itu ubi jalar juga kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Untuk jenis biji-bijian, ibu hamil bisa mengkonsumsi popcorn yang kaya akan vitamin E yang dapat membantu menjaga kesehatan kehamilan.

Baca Juga:  Hubungan Intim waktu Hamil Muda

Ikan Salmon juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Ikan salmon juga kaya akan kandungan Omega 3 yang akan sangat berguna bagi perkembangan kecerdasan otak pada bayi yang ada di dalam kandungan.