15 Alasan Makan Jeruk Baik untuk Kehamilan

doktersehat-minyak-jeruk-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com/Jessica Lewis

DokterSehat.Com– Nutrisi adalah salah satu bagian terpenting untuk kehamilan, bukan hanya karena merawat tubuh Anda sendiri, tetapi karena semua yang Anda lakukan memengaruhi bayi dalam kandungan. Inilah mengapa sangat penting bagi wanita untuk memasukkan berbagai jenis lemak sehat, protein, vitamin dan mineral dalam makanan sehari-hari.

Tetapi ada beberapa makanan yang harus Anda konsumsi secara teratur selama kehamilan, buah jeruk adalah salah satunya. Namun yang terbaik adalah grapefruit – adalah jeruk besar berkulit oranye berdaging merah keunguan seperti anggur.

Dikembangkan pada abad ke-18 sebagai persilangan antara jeruk Bali dan jeruk, grapefruit diberi nama demikian karena cara mereka tumbuh. Warnanya bervariasi dari putih ke merah muda dan merah, dan mereka dapat bervariasi dalam rasa dari asam atau pahit hingga manis. Meskipun rendah kalori, grapefruit mengandung tinggi nutrisi yang dapat memberi Anda dan bayi dengan beberapa manfaat kesehatan yang melampaui kehamilan.

Berikut 15 manfaat buah jeruk untuk kehamilan:

1. Tekanan darah dan preeklamsia

Preeklamsia terjadi sekitar 8 persen dari semua wanita hamil. Ini dapat menyebabkan kelahiran prematur, dan bahkan kematian jika tidak dipantau dengan benar. Mengembangkan preeklampsia selama kehamilan pertama juga dapat meningkatkan risiko mengembangkannya selama kehamilan berikutnya. Mereka yang berisiko paling tinggi adalah mereka yang menderita tekanan darah tinggi sebelum konsepsi.

Karena mengandung kalium dan lycopene, grapefruit melakukan sedikit tugas ganda, tidak hanya dapat membantu menurunkan tekanan darah, buah jeruk janis ini juga dapat membantu mencegah masalah tekanan darah – bahkan yang berhubungan dengan kehamilan.

2. Kolesterol

Berjuang dengan masalah kolesterol tinggi? Mengandung serat dan pektin, grapefruit berfungsi sebagai vasodilator alami. Namun, ingatlah bahwa ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti pengobatan medis atau perawatan yang tepat.

3. Insomnia

Selama trimester terakhir, tidur bisa jadi tidak nyaman. Kegelisahan pada saat tidur dapat menyebabkan masalah insomnia bagi ibu hamil. Grapefruit telah ditemukan untuk membantu meringankan gejala, terutama jika dikonsumsi tepat sebelum tidur.

4. Menjaga berat badan

Meskipun penting untuk mendapatkan jumlah berat badan yang tepat selama kehamilan, ada calon ibu yang berjuang dengan dengan berat badan, atau mendapatkan berat badan terlalu cepat. Ini menjadikan grapefruit sebagai camilan atau makanan tambahan yang enak. Hanya mengandung 52 kalori, telah ditunjukkan dalam penelitian untuk membantu menurunkan berat badan. Ini bukan tujuan saat hamil, tetapi ini menunjukkan bahwa jeruk dapat membantu mencegah kenaikan berat badan yang cepat atau berlebihan.

5. Gangguan pencernaan dan mulas

Saat bayi mulai tumbuh, ada lebih sedikit ruang di tubuh ibu untuk organ vital. Ini dapat menyebabkan semua jenis gejala terkait kehamilan, termasuk mulas dan gangguan pencernaan. Grapefruit dapat membantu menetralisir asam lambung dan mengurangi komplikasi seperti itu.

6. Morning sickness

Kehamilan dini dapat berarti morning sickness bagi banyak ibu hamil. Bagi beberapa orang, itu lebih buruk daripada yang lain. Grapefruit dapat membantu, terutama di pagi hari. Rasa manis-asamnya dapat membantu mencegah gelombang mual, dan kandungan seratnya membantu meredakan lambung.

7. Anemia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi vitamin B dapat mengurangi risiko anemia. Sebagai masalah umum di antara wanita hamil, grapefruits dapat berfungsi sebagai pencegahan, serta sesuatu untuk digunakan bersama dengan perawatan medis jika masalah anemia sudah ada.

8. Mencegah asma

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi vitamin C dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena asma. Meskipun manfaat ini mungkin atau tidak dapat disalurkan ke bayi, ini adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan karena asma selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anak untuk mengembangkannya juga.

9. Pembengkakan dan retensi air

Retensi air dan pembengkakan di kaki sangat umum selama kehamilan, terutama selama trimester akhir. Karena grapefruits mengandung bioflavonoid dan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi retensi air dan pembengkakan.

10. Mencegah tulang keropos dan asupan kalsium

Kalsium adalah nutrisi penting selama kehamilan, dan beberapa ibu berjuang untuk mendapatkan cukup dari itu. Ini bisa menimbulkan masalah bagi bayi, juga ibu di kemudian hari. Satu grapefruit mengandung 2 persen dari asupan kalsium harian. Ketika dipasangkan dengan sumber lain, ini dapat membantu mencegah tulang keropos di kemudian hari bagi ibu dan membantu memastikan pembentukan tulang yang tepat untuk bayi.

11. Masalah usus dan hidrasi

Kehamilan dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan, terutama saat kehamilan berlangsung. Sembelit bisa sangat merepotkan. Dehidrasi yang dapat menjadi masalah bagi kehamilan musim panas serta mereka yang menderita morning sickness parah – dapat semakin memperparah masalah sembelit. Karena memiliki salah satu kandungan air tertinggi dari semua buah (91 persen) dan penuh dengan elektrolit, jeruk bali dapat membantu mengekang dehidrasi dan sembelit.

12. Dingin dan flu

Seorang calon ibu pasti berusaha untuk menghindari sakit. Ditambah Anda ingin tetap sehat untuk perkembangan janin. Karena kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk bali dapat membantu Anda melakukan hal itu.

13. Menjaga kesehatan kulit

Orang-orang membicarakan tentang cahaya kehamilan – tetapi kulit yang lebih jernih dan cerah tidak selalu menjadi kenyataan. Ini karena hormon berubah, dan kadang-kadang alergi baru bisa muncul, menyebabkan masalah kulit ringan hingga parah. Vitamin C yang ditemukan dalam jeruk bali dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, dan bahkan dapat membantu mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit baik dari matahari maupun polusi.

14. Mencegah kanker

Tidak pernah terlalu dini untuk berpikir tentang pencegahan kanker – dan grapefruit dapat memberi Anda banyak hal. Dari kanker payudara hingga kanker kerongkongan dan kanker perut, grapefruit memberikan antioksidan yang terkenal untuk manfaat pencegahan kanker.

15. Diabetes dan glukosa

Bagi sebagian ibu hamil, diabetes adalah masalah pada awal kehamilan. Untuk orang lain, diabetes gestasional dapat hadir kadang selama trimester kedua atau ketiga. Untuk kedua jenis ini, grapefruit dapat membantu mengurangi pati dan manis dalam sistem. Karena grapefruit mengandung gula rendah, ia dapat dikonsumsi dengan aman, tidak seperti beberapa jenis buah lainnya.