14 Manfaat Makan Kembang Kol untuk Kehamilan

diktersehat-kembang-kol
Photo credit: flickr.com/Jeremy Keith

DokterSehat.Com– Kembang kol adalah sayuran yang sering dinikmati sebagai salad atau dimasak bersama dalam sup. Sayuran ini memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk wanita hamil, seperti folat, zat besi, vitamin C, vitamin B, kalsium, magnesium, kalium.

Manfaat mengonsumsi kembang kol selama kehamilan telah terbukti melalui banyak penelitian. Per 100 gram atau secangkir kembang kol mengandung nutrisi sebagai berikut:

25 Kalori 25% Nilai Harian
Lemak jenuh 0,1 g 0%
Lemak tak jenuh ganda 0g
Lemak tak jenuh tunggal 0g
Lemak trans 0g
Kolesterol 0mg 0%
Sodium 30mg 1%
Kalium 299mg 8%
Karbohidrat Total 5g 1%
Serat 2g 8%
Gula 1.9g
Protein 1,9 g 3%
Vitamin A 0%
Kalsium 2%
Vitamin D 0%
Vitamin B-12 0%
Vitamin C 80%
Besi 2%
Vitamin B-6 10%
Magnesium 3%

*% Nilai harian didasarkan pada diet 2.000 kalori.

Berdasarkan nutrisi di atas, ada 14 manfaat besar mengonsumsi kembang kol selama kehamilan:

1. Membantu perkembangan otak janin

Kembang kol harus menjadi makanan utama pada wanita hamil karena kaya folat. Seperti yang kita tahu, folat membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat tabung saraf selama kehamilan. Ini adalah salah satu manfaat penting dari mengonsumsi kembang kol selama kehamilan yang mengandung sekitar 600 microgram atau setara 0,6 miligram folat.

2. Mendukung pertumbuhan dan replikasi sel janin

Kembang kol mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan replikasi pada janin. Jumlah vitamin B6 yang cukup akan mendukung organ janin untuk berkembang secara optimal. Selain itu, perkembangan sistem saraf juga dapat didukung.

3. Bertindak sebagai antioksidan pada wanita hamil

Kembang kol kaya akan vitamin C. Satu cangkir kembang kol (100 gram) cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada wanita hamil yang sekitar 80-85 miligram vitamin C. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan adalah manfaat lain dari mengonsumsi kembang kol selama kehamilan karena kandungan vitamin C-nya. Vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi yang mungkin terjadi pada wanita hamil. Selain itu, selenium yang terkandung juga membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu perkembangan tulang dan gigi janin

Kembang kol mengandung tinggi kalsium yang sangat bermanfaat selama kehamilan. Wanita hamil membutuhkan 1000-1300 miligram kalsium untuk mendukung perkembangan janin mereka. Mineral ini penting untuk membantu perkembangan tulang dan gigi pada janin.

6. Menetralisir racun pada wanita hamil

Kembang kol memiliki senyawa belerang yang baik untuk mendukung hati menetralkan racun dari darah. Itu membuat aliran darah ke janin bebas dari zat beracun dan aman bagi mereka.

7. Mencegah sembelit selama kehamilan

Mencegah sembelit menjadi manfaat besar dari kembang kol selama kehamilan. Sayuran ini kaya serat yang membantu sistem pencernaan mengolah makanan dengan baik sehingga sembelit bisa dicegah.

8. Membantu mencegah anemia selama kehamilan

Kembang kol mengandung zat besi dan vitamin C yang dapat mencegah anemia. Besi adalah mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan vitamin C membantu zat besi untuk diserap dengan mudah.

9. Membantu mencegah kram otot selama kehamilan

Mencegah kram otot adalah manfaat kembang kol yang luar biasa selama kehamilan. Kalium yang terkandung dalam sayuran ini mengendalikan kontraksi otot. Jika kadar potasium mencapai tingkat normal, kram otot pada wanita hamil dapat dicegah.

10. Menjaga keseimbangan cairan pada ibu hamil

Kembang kol mengandung natrium dan kalium, elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan pada wanita hamil. Inilah manfaat penting dari kembang kol untuk mencegah kondisi dehidrasi pada ibu hamil.

11. Mencegah pendarahan yang tidak diinginkan selama kehamilan

Kembang kol memiliki vitamin K yang memainkan peran untuk menghentikan pendarahan. Sayuran ini baik untuk dikonsumsi di akhir kehamilan untuk membantu pendarahan yang tidak diinginkan selama persalinan atau setelah melahirkan.

12. Membantu pembentukan plasenta

Manfaat besar lain dari kembang kol selama kehamilan datang lagi dari folat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, nutrisi ini membantu pembentukan plasenta bagi janin juga.

13. Membantu pembentukan kulit, saraf, dan sistem pencernaan janin

Kaya niacin yang bersumber adalah manfaat kesehatan lain dari kembang kol selama kehamilan. Niasin adalah nutrisi penting untuk mengembangkan kulit, saraf, dan sistem pencernaan janin.

14. Membantu menjaga kesehatan jantung selama kehamilan

Manfaat luar biasa dari kembang kol membantu menjaga kesehatan jantung dan membantu jantung memompa darah ekstra ke uterus sebagai nutrisi janin. Manfaat ini berasal dari potasium dan seratnya. Seperti yang kita ketahui, potassium mengontrol tekanan darah dalam tingkat normal sehingga jantung tidak akan membebani. Selain itu, serat yang terkandung juga mencegah pembuluh di jantung dari kekakuan.

Demikian 14 manfaat besar dari kembang kol yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Anda bisa memakan sayuran ini dengan beberapa cara, di antaranya mengolahnya menjadi salad, mencampurnya dengan kentang tumbuk, atau memasak sayuran ini sebagai sup. Sebelum Anda memasak atau memakannya, pastikan mencuci kembang kol beberapa kali untuk menyingkirkan cacing, serangga, atau pestisida yang mungkin menempel.

Selalu ingat untuk memakan sayuran ini dalam jumlah yang tepat. Satu cangkir per hari sudah cukup. Jika Anda mengonsumsi kembang kol dalam jumlah berlebihan, perut Anda akan penuh dengan gas dan menyebabkan mulas.