10 Menit Saja Berolahraga Sudah Bisa Memberikan Dampak Kesehatan Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Masyarakat modern, khususnya yang tinggal di area kota-kota besar kerap kali berkata jika mereka tidak lagi memiliki waktu untuk rutin melakukan olahraga. Kesibukan untuk melakukan pekerjaan dan menyelesaikan urusan rumah tangga selalu dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta mengejutkan jika sebenarnya kita hanya membutuhkan waktu yang cukup sebentar, yakni 10 menit saja untuk melakukan olahraga. 10 menit tentu waktu yang mudah untuk didapatkan bukan dibalik kesibukan kita. Lantas, olahraga apakah yang bisa memberikan dampak kesehatan positif dalam waktu yang sebentar tersebut?

doktersehat-diet-olahraga-metabolisme-tubuh

Pakar kesehatan professor Martin Gibala menyebutkan jika olahraga yang intens layaknya mengayuh sepeda statis ternyata bisa dilakukan dalam waktu yang sebentar saja, yakni 10 menit, dan asalkan kita melakukannya dengan rutin, maka tubuh kita bisa semakin sehat. Gibala menyebutkan fakta ini berdasarkan hasil penelitian yang dirilis oleh jurnal PLOS One. Dari penelitian ini, diketahui fakta bahwa dengan memakai sepeda statis untuk berolahraga dengan intens selama 10 menit, maka efek kesehatannya bagi tubuh akan setara dengan berolahraga selama 45 menit.

Penelitian ini sendiri melibatkan 27 partisipan berjenis kelamin pria yang dibagi menjadi tiga kelompok; kelompok pertama dibiarkan untuk tidak melakukan olahraga sama sekali, kelompok kedua mengayuh sepeda statis dengan santai selama 45 menit, termasuk lima menit tambahan pemanasan dan pendinginan, dan kelompok terakhir yang hanya memakai 10 menit bersepeda statis namun cukup intens dimana ada 20 detik waktu mengayuh secepat mungkin, dan adanya selingan 2 menit mengayuh pedal dengan sangt lambat selama du akali dimana ada 5 menit yang hanya dipakai untuk pemanasan dan pendinginan.

Baca Juga:  Cara Mendongkrak Fertilitas Pria

Dari penelitian ini, diketahui bahwa kelompok ke dua dan ketiga yang melakukannya secara rutin tiga kali seminggu mengalami perbaikan kondisi kesehatan dan kebugaran, yang uniknya cenderung setara. Hal ini berarti, dengan cara yang benar, 10 menit yang singkat ini bisa kita maksimalkan untuk berolahraga dan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.