10 Makanan Penurun Asam Urat

DokterSehat.Com – Beberapa makanan digolongkan sebagai makanan penurun asam urat karena mengandung zat dan vitamin yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi peradangan pada persendian. Karena tingginya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan di bagian sendi.

doktersehat-berry-berries

Walaupun sebenarnya banyak cara untuk menurunkan asam urat dalam darah, pengaturan pola makan yang sehat adalah kuncinya. Karena penyebab tingginya asam urat dalam darah adalah pola makan yang tidak sehat. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, maka kadar asam urat dalam darah akan ikut turun dan kemungkinan penyakit kronis lainnya dapat kita hindari.

Berikut 10 makanan penurun asam urat tinggi yang bisa Anda konsumsi:

  • Cara yang mudah untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh adalah dengan cara mengkonsumsi air perasan jeruk nipis sebanyak dua kali dalam sehari. Selain mengandung vitamin C, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang dapat membantu melarutkan asam urat secara alami.
  • Selanjutnya Anda juga bisa dengan memanfaatkan buah ceri. Buah ceri sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan karena kandung zat anti inflamasi. Khasiat buah ceri dalam menurunkan asam urat didukung oleh studi yang dipublikasikan oleh Jurnal of Nutrition pada tahun 2003.
  • Pernahkah Anda tahu jika teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk mengobati asam urat tinggi, caranya minumlah 3-4 cangkir teh hijau setiap harinya maka asam urat Anda akan hilang.
  • Makanan yang tinggi kalium seperti Cuka Apel Organik sangat membantu dalam menjaga keseimbahan ph tubuh. Walaupun Cuka Apel memang pada dasarnya mengandung asam, namun kandungan asam asetat dalam Cuka Apel justru membantu merangsang pembentukan basa di pencernaan. Ketika kadar asam-basa tubuh lebih seimbang atau cenderung lebih basa, penumpukan asam urat akan lebih berkurang.
  • Bagi Anda yang gemar memakan buah apel, tentunya Anda tidak perlu khawatir terkena asam urat sebab kandungan yang ada didalamnya berperan menetralkan tingginya kadar asam urat dalam darah.
  • Kali ini Anda juga bisa mengkonsumsi buah delima, buah yang memiliki rasa yang khas ini ternyata berfungsi mengurangi plak dalam arteri yang menyebabkan asam urat tinggi.
  • Makanan yang satu ini juga tidak kalah ampuhnya dalam menyembuhkan asam urat tinggi, yaitu buah strawberry. Seperti halnya buah ceri, buah kelompok berry seperti strawberry, blueberry mengandung zat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan karena asam urat.
  • Pisang dan Kentang juga baik untuk menetralkan kadar asam-basa dalam tubuh karena mengandung kalium yang tinggi. Kalium adalah salah satu ion tubuh yang penting dalam menjaga kadar keasaman tubuh.
  • Air putih. Meskipun kadang dianggap sepele, air putih sangat penting untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. Perbanyak minum air putih (8-10 gelas) setiap hari untuk menjaga kadar urine tetap encer sehingga asam urat tidak menumpuk dan lebih mudah larut.
  • Terakhir dan paling berkhasiat adalah seledri. Daun seledri mengandung banyak komponen bermanfaat seperti glikosida, apiol dan flavonoid yang dapat mengurangi nyeri di persendian akibat asam urat. Cara mengkonsumsinya juga cukup mudah. Rebus seikat daun seledri (200 gram) yang sudah dicuci dengan 200ml air (sekitar dua gelas). Setelah itu saring ekstrak seledri tersebut menjadi satu gelas air yang dapat diminum satu kali sehari secara rutin. Selain mengurangi nyeri persendian, ekstrak daun seledri juga dapat digunakan untuk mengurangi racun dalam tubuh (detoks).