10 Makanan Berikut Ternyata Paling Buruk Bagi Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Salah satu penyebab masalah kesehatan jantung adalah kebiasaan kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Berikut ini adalah 10 makanan yang ternyata paling buruk bagi kesehatan jantung kita.

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

Burger
Pakar kesehatan Regina Druz dari Hofstra University dan St John Espicopal Hospital di New York berkata bahwa meskipun masih ada banyak penelitian yang mempelajari hubungan antara penyakit jantung dengan konsumsi lemak jenuh. Sayangnya, lemak jenuh yang bisa kita temukan dari daging hewan layaknya sapi dan jika dikombinasikan dengan karbohidrat layaknya yang kita temukan pada burger memang mampu menurunkan kesehatan jantung. Melihat adanya hal ini, ada baiknya memang kita menghindari burger cepat saji.

Daging olahan
Beberapa jenis daging olahan layaknya bacon atau sosis memiliki kandungan lemak jenuh dan garam yang tinggi. Kombinasi kedua hal ini bisa membuat kita meningkatkan tekanan darah sekaligus menurunkan kesehatan jantung.

Gorengan
Gorengan yang kita temukan di pinggir jalan atau french fries yang disukai banyak orang ternyata kaya akan lemak trans yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Margarin
Margarin yang kaya akan lemak trans ternyata juga akan membuat kesehatan jantung menurun jika kerap dikonsumsi.

Soda diet
Soda diet kerap kali disalahartikan sebagai minuman sehat. Padahal, dalam realitanya konsumsi soda diet bisa meningkatkan resiko terkena obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Jus yang kaya gula
Kebanyakan penjual jus menambahkan gula untuk membuat minuman ini terasa lebih manis. Sayangnya, kebiasaan mengkonsumsi jus yang kaya gula ini bisa menurunkan kesehatan jantung dengan signifikan.

Pizza
American Heart Association menyebutkan jika pizza termasuk dalam makanan yang kaya akan garam dan lemak jenuh sehingga kurang baik bagi kesehatan jantung kita.

Sereal yang kaya gula
Sereal adalah salah satu bahan makanan yang kerap dikonsumsi saat sarapan. Sayangnya, banyak jenis sereal yang kaya akan gula. Jika kita mengkonsumsi karbohidrat sekaligus gula di pagi hari, maka dikhawatirkan kita akan membuat kadar gula darah mengalami fluktuasi dan memicu inflamasi.

Kue dan roti
Tanpa kita sadari, kue dan roti kering yang banyak dijual di toko-toko ternyata kaya akan gula, lemak jenuh, dan lemak trans yang tidak sehat untuk kesehatan jantung.

Gula
Masyarakat modern cenderung mengkonsumsi gula secara berlebihan baik itu yang sudah tercampur dalam makanan atau dalam minuman. Hal ini bisa memicu obesitas, dan meningkatkan resiko masalah kesehatan lain layaknya diabetes, penyakit jantung, inflamasi, dan kolesterol jahat.