10 Hal yang Membuat Anda Cepat Tua

Doktersehat.com – Setiap orang pasti senang bila dianggap lebih muda dari usia sesungguhnya. Untuk menyiasati tanda-tanda penuaan, banyak orang yang melakukan operasi plastik. Sebelum tanda-tanda penuaan muncul, lebih baik Anda meghindari faktor penyebab Anda menjadi cepat tua.



1. Menonton TV
Duduk berjam-jam di depan TV dapat memperpendek hidup Anda. Peneliti dari University of Queensland menemukan, setiap jam yang Anda habiskan di depan TV mengurangi umur Anda 22 menit. Penelitian lebih lanjut juga menemukan bahwa menonton TV juga menambah risiko terkena penyakit Alzheimer.

2. Minum dengan sedotan
Minum dengan sedotan menyebabkan mulut mengerut dan akan menimbulkan kerutan di sekitar mulut (sama seperti merokok). Cobalah minum langsung dari gelas sebisa mungkin untuk menghindari kerutan.

3. Terlalu sedikit (atau banyak) berolahraga
Kekurangan olahraga tidak hanya memendekkan umur, tapi juga menambah risiko kegemukan dan sakit jantung. Olahraga juga mencegah penyakit Alzheimer, membuat perasaan baik sehingga merasa sigap dan tetap bertenaga. Lebih lanjut, olahraga juga meningkatkan peredaran darah ke kulit dan membuat Anda tetap bercahaya dan tampak muda. Sebaliknya, terlalu banyak olahraga membuat persendian kaku dan menambah risiko radang sendi.

4. Pemanas ruangan
Pemanas dan pendingin ruangan sentral yang banyak kita  gunakan bisa membuat kulit kering dengan cepat menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Cobalah kecilkan pemanas, gunakan pakaian pelapis agar lebih hangat. Menyimpan segelas air dalam ruangan juga bisa membantu menambah kelembapan udara, dan memakai krim wajah untuk mencegah kekeringan.

5. Gula
Memakan gula terlalu banyak dapat menimbulkan kerutan pada kulit. Ketika tingkat gula darah tinggi, proses bernama glikasi merusak kolagen dalam kulit. Sekali rusak kolagen yang lentur berubah menjadi keras, yang berujung pada kerutan kulit.

6. Mendengarkan iPod
Kehilangan pendengaran adalah gejala umum penuaan, tapi sebagian dari kita kehilangan pendengaran karena mendengarkan musik yang telalu keras melalui headphone. Meski mendengar musik dengan volume sedang tidak menimbulkan kerusakan yang parah, sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memengaruhi pendengaran untuk sementara waktu, sementara sebagian peneliti lain mengatakan mendengar musik yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pendengaran permanen.

Baca Juga:  Cara alami mengurangi keriput di wajah

7. Pekerjaan Anda
Pekerjaan bisa saja menjadi sumber stres bagi banyak orang. Sudah diketahui sebelumnya bahwa stres dapat menyebabkan serangan jantung dan pemercepat penuaan sel. Selain itu, pekerjaan yang menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat kerja secara tidak langsung menyita  waktu Anda  untuk berolahraga, makan makanan sehat, dan tidur. Untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya  hindari waktu kerja yang terlalu panjang dan manfaatkan waktu malam dan akhir pekan Anda untuk bersantai.

8. Sabun
Kulit mempunyai lapisan asam sebagai pelindung alami. Ketika Anda membersihkan kulit dengan sabun akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak tersebut sehingga kulit menjadi kering dan membuat kulit keriput. Hal ini disebabkan sabun mengandung alkali. Walaupun demikian janganlah berhenti mandi, tapi cobalah sabun dengan PH-netral dan sabun tanpa bahan kimia, dan  jangan berlebihan membersihkan kulit.

9. Sarung bantal
Jika Anda sering tidur dengan salah satu sisi wajah yang sama, ini bisa menyebakan penambahan garis wajah dan kerutan. Untuk tetap tampak muda, cobalah tidur telentang, atau mengganti sarung bantal dengan sutra atau satin untuk mengurangi tekanan pada wajah dan menjaga kelembapan kulit wajah.

10. Diet rendah lemak
Banyak dari kita beralih ke diet rendah lemak untuk mengurangi berat badan. Tetapi mengurangi makan seperti lemak sehat Omega-3 bisa berefek negatif dan membuat Anda cepat tua. Omega-3 terdapat dalam minyak ikan, kacang kenari, dan biji-bijian, tidak hanya penting untuk menjaga kulit tetap lentur dan bebas kerutan, tapi juga penting untuk kesehatan otak dan membuat jantung dalam kondisi sehat dan juga memperpanjang umur.

Dari berbagai sumber