10 Gangguan Pada Kaki

Dokter Sehat – Meski jauh dari jantung dan jarang terjadi permasalahan kesehatan, sebaiknya jangan menganggap remeh kondisi kaki. Menurut seorang podiatrist atau ahli penyakit kaki, Paul Brezinski, jika sewaktu-waktu terjadi gangguan di kaki, maka hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan. Ia menjelaskan bahwa kedua kaki mempunyai 50 tulang. Tulang-tulang ini menyusun lebih dari 200 otot, 60 persendian, tendon, dan ligamen yang membuat kaki dapat digerakkan. Apabila anda merasa ada sesuatu yang aneh dan tidak seperti biasanya pada kaki anda, anda patut waspada.



Ada 10 gangguan yang bisa anda kenali, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Kaki terasa dingin
Kondisi ini bisa dipicu oleh banyak hal. Salah satunya, rendahnya aliran darah ke kaki. Problem sirkulasi darah kadang-kadang terkait dengan konsumsi rokok, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Kerusakan saraf karena diabetes yang tidak terkontrol juga bisa membuat kaki terasa dingin, kemungkinan terkait dengan anemia dan hypothyroidism.

2.Jari kaki putih, biru, dan merah
Penyakit Reynaud bisa memicu jari kaki berubah dari putih kemudian biru, lantas memerah hingga akhirnya kembali ke warna natural.
Gangguan ini disebabkan oleh penyempitan arteri yang disebut vasospasms, stress atau perubahan suhu bisa juga menjadi faktur pemicunya. Penyakit Raynaud mungkin juga terkait dengan reumatoid arthritis, gangguan thyroid.

3.Jalan diseret
Kemungkinan disebabkan kerusakan saraf peripheral, Sebanyak 30 persen kasus ini ditemukan terkait dengan serangkan diabeter. Kerusakan saraf periferal juga dapat disebabkan oleh infeksi, defisiensi vitamin, dan asupan alkohol yang tinggi.

4.Jari melengkung
Biasanya ditunjukkan dengan kuku yang lebih bulat pada bagian ujung dan melengkung ke bawah, kondisi ini sering kali disebabkan adanya gangguan pada paru-paru. Namun bisa juga dipicu oleh penyakit jantung, hati, dan gangguan pencernaan.

Baca Juga:  Akibat Merokok-Hubungan Rokok Dengan Otak

5.Kaki bengkak
Bila terjadi dalam waktu temporer, mungkin disebabkan oleh posisi berdiri yang tidak terlalu lama atau baru saja melakukan perjalanan panjang, khususnya bagi ibu yang tengah berbadan dua.

Jika terlihat kontras dan berlangsung lama, bisa jadi ada serangan penyakit serius, seperti sirkulasi darah yang buruk, penyumbatan darah, atau gangguan pada sistem limpatik. Problem pada ginjal juga bisa menyebabkan kondisi seperti ini.

6.Kaki terasa terbakar
Kondisi ini kerap ditemukan pada pasien diabetes dan yang mengalami kerusakan saraf periferal. Namun bisa juga disebabkan kekurangan vitamin B, penyakit ginjal kronis, sirkulasi darah pada kaki yang busuk, dan hypothyroidism.

7.Nyeri pada ibu jari
Encok biasanya menjadi pemicu sakit yang mendadak muncul pada persendian ibu jari kaki ini. Bisanya, dibarengi kulit yang memerah dan membengkak, osteoarthritis merupakan pemicu lainnya.

8.Nyeri menusuk
Nyeri yang tajam menusuk di kaki secara tiba-tiba ini bisa menjadi karena kram atau kejang pada otot akibat kelelahan. Kemungkinan hal ini dipicu oleh sirkulasi darah yang buruk, dehidrasi, ketidakseimbangan asupa potasium, magnesium, kalsium, dan vitamin D. Perubahan hormon saat hamil atau gangguan thyroid juga bisa memicu kondisi seperti ini.

9.Kuku putih
Cedera pada kuku kaki atau rasa sakit pada bagian tubuh lainnya bisa menyebabkan kuku kaki menjadi putih, jika warna putihnya meliputi sebagian besar kuku, bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang serius, seperti penyakit hati, diabetes, atau gagal jantung.

10.Kuku menguning
Kuku kaki bisa menunjukkan kondisi kesehatan secara umum, menebalnya warna kuning pada kuku bisa disebabkan oleh infeksi jamur, selain itu bisa jadi pertanda hadirnya penyakit lymphedema, penyakit paru-paru, atau rheumatoid arthritis.