10 Alasan Wanita tak Bergairah

DokterSehat.Com – Banyak pria sering mengeluh karena pasangannya tidak bergairah saat diajak berhubungan intim. Hal itu bukan menandakan kalau wanita tidak tertarik lagi dengan pasangannya. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi gairah seksual wanita.



Dari sepuluh wanita yang disurvei dalam waktu satu minggu, inilah enam alasan yang disimpulkan mengenai penyebab berkurangnya minat seks wanita dengan pasangannya.

  • Penggunaan alat kontrasepsi
    Beberapa wanita akan mengalami penurunan dorongan atau hasrat seksual akibat konsumi pil (atau jenis pengobatan hormonal lainnya untuk mengendalikan kehamilan seperti patch, ring, atau suntikan).
  • Konsumsi obat antidepresan
    Tidak setiap wanita akan menurun gairahnya, tetapi sebagian besar justru mengalaminya.
  • Menyusui anak
    Bila istri sedang masa menyusui, kandungan prolaktin (hormon yang  memicu produksi ASI) bisa mengurangi dorongan seksual.
  • Kurang tidur
    Bagi sebagian besar wanita, tidur ternyata lebih utama daripada seks ketika sebelum  menjalin hubungan dengan pria.
  • Stres
    Beragam tekanan akibat pekerjaan, masalah keuangan , pendidikan, stres, keluarga, dan problem lain dalam kehidupan jelas berpengaruh. Ketika stres meningkat, kebanyakan wanita justru tidak memilih seks sebagai solusi untuk meredakannya.
  • Pertengkaran dengan pasangan
    Setiap hubungan atau relasi tentu saja akan berhadapan dengan tantangan baik berupa konflik atau pun keinginan. Hal ini akan mempengaruhi hasrat bercinta seorang wanita.
  • Rendahnya kadar hormon testosteron
    Hormon testosteron juga terdapat pada tubuh wanita dan kadarnya secara total dalam aliran darah ikut menentukan fungsi seksual para wanita. Mengukur kadar testosteron dalam tubuh juga penting untuk untuk mengungkap kemungkinan fisiologis penyebab rendahnya dorongan seks wanita.
  • Tinggnya hormon SHBG
    Wanita yang memiilki SHBG (sex hormone binding globulin) dalam jumlah tinggi biasanya tidak bergairah untuk melakukan hubungan intim.  SHBG  merupakan protein yang membalut testosteron dan membuatnya menjadi tidak tersedia bagi kebutuhan–kebutuhan tubuh wanita.  Inilah yang akan menurunkan libido wanita.
  • Kekhawatiran atau kecemasan dalam keintiman
    Ketidakmampuan untuk mengendalikan tingkat keintiman yang muncul dan dipelihara dalam sebuah hubungan adalah alasan yang sering timbul dari menurunnya dorongan seksual pasangan.  Kecemasan biasanya timbul karena wanita pernah mendapat pengalaman buruh di masa lampau.
  • Penampilan atau bentuk tubuh
    Wanita yang melihat atau menganggap diri tidak menarik baik bagi pasangan ataupun dirinya sendiri bisa kehilangan confidence yang berujung pada menurunnya gairah.(Kompas,Minggu, 15/6/2008)